Home > Agama

Menag: Sarasehan Kemandirian Pesantren Ajang Perkuat Ekonomi Pesantren

Menag mengatakan, kemandirian pesantren menjadi ajang untuk memperkuat ekonomi pesantren.

Kontribusi Pesantren


Menteri Pertahanan Prabowo Subiyanto hadir dalam Sarasehan Peningkatan Kemandirian Pesantren. Dia mengapresiasi kontribusi pesantren dalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa hingga sekarang. Menurutnya, sejarah pesantren untuk bangsa ini sangat panjang. Sehingga, penting bagi pemerintah untuk memperhatikan pesantren.


"Perjuangan melawan penjajah banyak dipimpin oleh kiai besar dan para ulama, dan pesantren tampil dalam situasi bangsa yang kritis berkali-kali. Jadi para ulama, dan pesantren berperan penting," kata Prabowo.
Karena itu, lanjut Menhan, pemerintah terus berupaya memikirkan kemandirian pesantren. Perlu ada aktivitas ekonomi yang bisa membantu operasional pesantren dan itu salah satunya dilakukan melalui bantuan inkubasi pesantren.


"Inkubasi pesantren diharapkan mampu memberi pelayanan kepada santri dengan tidak harus meminta dari pihak mana pun. Ini tujuannya, dan ini sudah dijalankan dan kita ingin ini untuk terus berjalan ke depan," ungkapnya.


Pesantren, kata Menhan, harus kuat dan mandiri sehingga menciptakan santri-santri terbaik. "Kita punya semua sumber, sudah ada tinggal kita mengelolanya," jelas Menhan.


"Semoga program inkubasi pesantren dari Kementerian Agama ini bisa berhasil dan akan diperkuat terus ke depan sehingga mampu menjadi kekuatan ekonomi bagi Indonesia," tutupnya.


Bukan Kampanye

× Image