Home > Hadits

Inilah Keutamaan Memperbanyak Berzikir

Allah SWT dan Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk memperbanyak zikir.
Ribuan jamaah memadati ruang utama Masjid At Tin, Jakarta, saat acara Dzikir Nasional yang diselenggarakan Republika, beberapa waktu silam. (Republika).
Ribuan jamaah memadati ruang utama Masjid At Tin, Jakarta, saat acara Dzikir Nasional yang diselenggarakan Republika, beberapa waktu silam. (Republika).

Keutamaan Berzikir

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Salah satu ibadah yang paling disukai Allah adalah zikir. Dalam Alquran, ada puluhan bahkan ratusan ayat Alquran yang menjelaskan tentang zikir, tujuannya, hingga keutamaannya. “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS al-Baqarah [2]: 152).

Baca Juga: Susunan ZIkir Istighotsah

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ

Maka, apabila kamu telah menyelesaikan shalat-(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk, dan di waktu berbaring.” (QS an-Nisa [4]: 103).

Berzikir, bukan hanya sekadar mengucapkan kalimat thayyibah (baik), seperti tahlil, tahmid, atau tasbih. Tapi, zikir juga bisa dimaknai dengan keyakinan akan segala perkara yang terjadi di alam ini merupakan kehendak Allah. Dia menggantung seluruh hidup dan keyakinannya hanya kepada Allah semata.

Baca Juga: Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ .الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS Ali Imran [3]: 190-191).

Dalam keterangan ayat di atas, sesungguhnya berzikir itu bisa kapan saja dan di mana saja, tak terbatas tempat dan waktu. Namun demikian, alangkah baiknya andai kita sudah memiliki waktu tertentu untuk secara khusus mengagungkan nama Allah SWT.

Alangkah baiknya, jika kita memiliki tempat khusus untuk senantiasa dekat dengan Allah. Alangkah indahnya, jika kita makin dekat dengan Allah. Sebab, Allah adalah tempat kita memuja dan memuji-Nya, Allah tempat kita menyembah, dan Allah tempat kita memohon segala pertolongan. Di sinilah makna (tujuan) zikir yang sesungguhnya, yakni untuk senantiasa dekat dengan Allah.

Baca Juga: Mau Duit? Amalkan Shalawat Syajaratun Nuqud atau Pohon Uang

Rasulullah SAW bersabda, zikir yang terbaik itu adalah dengan kebersihan dan ketulusan hati, serta kesucian lahir dan batin. Adapun kalimat yang terbaik (utama) dalam berzikir dan mengagungkan asma Allah adalah dengan membaca kalimat La ilaha illallah. Itulah kalimat tauhid ilahiyah. Kemudian, ditambahkan lagi dengan lafazh Muhammadur rasulullah.

Artikel Terkait:

Berkah Maulid, Keluarga Yahudi Masuk Islam

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Negeri yang Diazab Allah

Kisah Kehancuran Kaum Tsamud

× Image