Home > Doa

Doa Ketika Menyaksikan Iring-Iringan Jenazah

Diharapkan dengan ucapan ini orang yang hidup akan ingat akan Zat yag Menentukan Hidup dan Mati, yakni Allah SWT.

Doa Ketika Menyaksikan Iring-Iringan Jenazah

ز

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Mati tidak mengenal waktu dan tempat juga umur. Mati dapat menimpa siapa saja di mana saja. Meski demikian, orang mati harus diurus dengan baik. Dimandikan, dikafani, dishalati dan ditempatkan pada ruangan pribadinya, di makam atau di kuburan. Oleh karena itu prosesi kematian selalu membutuhkan orang lain, selain mayit dan keluarganya.

Baca Juga: Golongan yang Mengiringi Jenazah

Di antara hal yang menyita perhatian masyarakat adalah proses perjalanan menuju pemakaman umum. Jauhnya jarak pekuburan atau pemakaman dan banyaknya pengantar seringkali menyebabkan arus lalu lintas tersendat, apalagi di kota-kota besar, pasti akan menyebabkan kemacetan.

Karena mobil jenazah tidak mengenal rambu-rambu lalu lintas. Dan mobil jenazah senantiasa melaju dengan cepat agar lebih awal tiba di pekuburan. Hal ini berdasar pada tuntunan agama agar jenazah sesegera mungkin di makamkan.

Baca Juga: Doa yang Benar untuk Mayit

Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman bagi masyarakat pengguna jalan agar sedikit bersabar mendahulukan mobil jenazah yang mau lewat. Untuk menghormati mayit, dan mengingatkan diri akan kematian. Sesungguhnya penghuni mobil jenazah senantiasa digilir-bergantian.

Dikutip dari NU Online, saat melihat iring-iringan mobil jenazah dan mobil pengantar, seorang muslim dianjurkan membaca doa seperti berikut;

 سبحان الله الحي الذى لا يموت  

Subhanallahil hayyil ladzi la yamut

Artinya: Maha Suci Allah Yang Hidup dan Tidak Mati.

Diharapkan dengan ucapan ini orang yang hidup akan ingat akan Zat yag Menentukan Hidup dan Mati, yakni Allah SWT.

Baca Juga: Doa Nabi Ibrahim untuk Mendapatkan Anak yang Saleh

× Image