Home > Hikmah

Ingin Rezeki Seperti Rezeki Raja? Lakukan Hal Ini

Jadikanlah orang tua kita seperti raja, agar rezeki kita juga seperti rezekinya para raja.

Ingin Rezeki Seperti Rezeki Raja? Lakukan Hal Ini

Oleh Syahruddin El Fikri

Rezeki telah diatur oleh Allah SWT, dan seluruh makhluk hidup di muka bumi ini, telah Allah tetapkan bagiannya masing-masing. Tak ada satu pun makhluk hidup yang tidak diberikan rezekinya oleh Allah SWT.

Dalam Al-Quran surah Hud ayat 6, Allah telah menjelaskannya, bahwa seluruh makhluk itu mendapatkan rezeki dari Allah.

۞ وَمَا مِن دَآبَّةٍۢ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّۭ فِى كِتَـٰبٍۢ مُّبِينٍۢ

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). (QS. Hud [11]: 6).

Pertanyaannya, mengapa ada makhluk khususnya manusia yang kesulitan mendapatkan rezeki? Apakah mereka makhluk yang terlupakan? Atau ada alasan lainnya?

Salah satu kendala mengapa seseorang kesulitan mendapatkan rezeki adalah cara hormat dan taat kepada kedua orang tua. Bagaimana bisa? Ya, karena ada di antara manusia yang tidak memperlakukan kedua orang tuanya dengan sebagaimana mestinya, sebaliknya mereka memperlakukan kedua orang tuanya laksana pembantu.

Contohnya, ketika di rumah saja, semua pekerjaan yang bisa dibantu anak-anaknya, justru mereka enggan membantu pekerjaan orang tuanya. Pakaian kotor, mereka minta kedua orang tuanya mencucikannya, menyetrikakannya, merapikannya, menjemurnya, dan lain sebagainya. Si anak malah menganggap dirinya seperti raja, dan orang tuanya seperti pembantu.

Baca Juga: Kisah Pria Pemilik Dua Kebun yang Sombong

× Image