Home > Agama

Ansor Go Green Diluncurkan di Banyuwangi

Sebelumnya pengurus GP Ansor berziarah ke sejumlah pondok pesantren di Banyuwangi dan sekitarnya.
Ketua Umum GP Ansor, Addin Jauharuddin berbincang dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN-RB) Abdullah Azwar Anas (baju hitam) saat peluncuran Ansor Go Green di Banyuwangi.
Ketua Umum GP Ansor, Addin Jauharuddin berbincang dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN-RB) Abdullah Azwar Anas (baju hitam) saat peluncuran Ansor Go Green di Banyuwangi.

Ansor Go Green di Luncurkan di Banyuwangi 

SAJADA.ID--Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Addin Jauharuddin meluncurkan Ansor Go Green di Pantai Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur. Peluncuran ini merupakan puncak dari seluruh kegiatan Go Green yang dilakukan seluruh pengurus Cabang GP Ansor di seluruh Indonesia.

Gus Addin, sapaan akrab Addin Jauharudin, mengaku acara puncak ini sengaja digelar di Banyuwangi, sebab Banyuwangi memiliki banyak nilai sejarah, tidak hanya bagi Indonesia tapi juga GP Ansor.

"Banyuwangi ini tanah keramat. Tepat di titik ini (Banyuwangi) GP Ansor didirikan pada tahun 1934 (Muktamar NU ke-9 pada 21-26 April 1934). Tidak jauh makam muassis (pendiri) NU KH As'ad Syamsul Arifin. Dan tempat ini adalah berdirinya Kerajaan Blambangan pada abad ke 16, setelah Majapahit," kata Gus Addin di acara yang dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Negara Abdullah Azwar Anas, mantan Bupati Banyuwangi selama dua periode, Sabtu (4/5/2024) sebagaimana rilis yang diterima redaksi.

Gus Addin mengatakan peluncuran Ansor Go Green merupakan rangkaian kegiatan dari Harlah GP Ansor ke-90. Dimana menjadi titik balik perubahan wajah GP Ansor.

"Pak Menteri, ke depan akan banyak perubahan pada wajah Ansor. Ansor yang dilahirkan anak-anak muda Indonesia, harus menyerap setiap aktivitas produktif dan inovatif dari anak-anak muda, sehingga menjadi kegiatan bersama anak muda Indonesia," katanya.

Selain Ansor Go Green, yang mendorong anak muda mencintai lingkungannya, GP Ansor, baru-baru ini sudah melakukan Gowes 90 kilometer dari kantor GP Ansor di Jalan Kramat Raya ke Ponpes Albaqiyatussholihat sekaligus makam Mama Cibogo, salah satu santri Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari.

"Ke depan akan banyak lagi kegiatan-kegiatan inovatif dari anak-anak muda di GP Ansor," seloroh Gus Addin.

Gus Addin juga sempat mengingatkan kadernya, bahwa Abdullah Azwar Anas ini adalah Dewan Penasihat PP GP Ansor 2024-2029. "Jangan lupa, beliau ini adalah penasihat kita semua. Makanya, beliau menjadi MenPAN-RB, menteri pemberdayaan Ansor dan Banser," kelakar Gus Addin yang disambut tawa semua hadirin.

× Image