Home > Al Quran

Keutamaan Surat Ini Seperti Mengkhatamkan Sepertiga Al-Quran

Allah SWT mencintai orang yang suka membaca Surat Al-Ikhlas.

3. Rezeki dari Berbagai Arah

Ada sebuah cerita, bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah. Laki-laki itu mengadukan tentang kesusahan hidup yang dialaminya. Laki-laki itu bercerita bahwa dirinya telah melakukan berbagai cara agar terbebas dari kesulitan hidup. Lalu orang itu memohon kepada Rasulullah supaya mengajarkan atau diberi amalan singkat untuk menghilangkan segala kesulitannya.

Kemudian Rasulullah memberikan amalan untuk membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali setiap hari, dan menyuruh laki-laki itu agar setiap kali masuk ke dalam rumahnya untuk selalu memikirkan salam. Singkat cerita, laki-laki itu mengamalkan surat Al-Ikhlas itu dengan penuh istiqomah dan keyakinan, hingga pada akhirnya Allah melapangkan rezeki orang tersebut.

4. Keluarganya Diberkahi

Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang membaca Qul Huwallahu Ahad atau surah Al-Ikhlas satu kali maka ia akan diberkahi. Jika ia membaca dua kali maka keluarganya akan diberkahi, barangsiapa yang membaca tiga kali maka ia dan keluarganya dan kerabatnya akan diberkahi".

5. Diampuni Dosa-Dosanya

Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barang siapa yang membaca Qul Huwallahu Ahad atau surah Al Ikhlas sebanyak 50 kali niscaya diampuni dosa-dosanya 50 tahun.”

6. Dihindarkan dari Fitnah dan Siksa Kubur

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca surah Al Ikhlas pada saat sakit yang membawa pada kematiannya, niscaya mayatnya tidak akan busuk dalam kuburnya.”

Dan dalam hadis lain menyebutkan bahwa keutamaan bagi orang yang membacanya akan terhindar dari fitnah kubur, aman dari kesempitan kubur dan para malaikat akan membawanya dengan sayap-sayapnya melalui jembatan Shiratal Mustaqim, hingga sampai ke surga.

7. Dimudahkan Segala Urusannya

Orang yang rutin mengamalkan Surat Al-Ikhlas, niscaya akan dimudahkan segala urusannya dan dijauhkan dari segala marabahaya. Cara mengamalkannya yakni dengan membacanya sebanyak 1000 kali. Waktu membacanya antara shalat Maghrib dan Isya dan setelah selesai berdoalah kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh agar apa yang diharapkan dan dicita-citakan dikabulkan oleh Allah SWT serta dijauhkan dari segala marabahaya.

8. Setan Menjauhinya

Diriwayatkan dari sahabat Ali bin Abi Thalib, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca Surah Al-Ikhlas sebanyak 11 kali setiap selesai shalat Subuh, maka setan tidak akan dapat menggodanya untuk melakukan perbuatan maksiat.”

9. Dicintai Allah SWT dan Rasul-Nya

Diceritakan suatu Ketika, penduduk Madinah, di sekitar Masjid Quba mengadukan imam Masjid Quba kepada Rasulullah SAW. Mereka berkata, bahwa imam muda yang mereka adukan, hampir setiap waktu shalat selalu membaca Surat Al Ikhlas, baik dengan menambahkan ayat lain ataupun membaca Surat Al-Ikhlas setelah surat/ayat lain.

× Image