Home > Pustaka

Siapakah yang tidak Mau Berjumpa dengan Kekasihnya?

Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan menemui kematian.

"Kematian adalah sebuah jembatan yang menghubungkan pertemuan dua kekasih."

Lantas apakah seorang mukmin mesti berharap kematian segera menjemput! Ternyata tidak. Rasulullah SAW melarang umatnya untuk berharap segera mati. "Sesungguhnya janganlah kalian mengharapkan kematian, karena sesungguhnya hal tersebut seperti terbebas dari kepastian Allah dalam perkara yang bermanfaat untuk akhiratnya." (Lihat Syekh Muhammad bin Abdil Hadi As-Sindi, Hasyiyah As-Sindi 'alal Bukhari, juz IV, halaman 50).

Dalam kitab yang ditulis oleh Imam Al Qurthubi tentang Rahasia Kematian, Kiamat, dan Hari Akhir, juga dijelaskan alasan mengapa seorang muslim dilarang meminta kematian. Sebab hal itu juga mendahului ketentuan Allah yang menyatakan bahwa kematian atas setiap makhluk itu sudah ditentukan, dan ia tidak bisa dimajukan ataupun dimundurkan walau sesaat.

Baca Juga: Zikir Pagi dan Petang

Buku karya Imam Al Qurthubi ini sangat lengkap membahas tiga fenomena ghaib yang harus dilewati seorang insan setelah jatah usianya di dunia berakhir, yaitu kematian, alam akhirat, dan kiamat.

Dengan menggunakan dalil-dalil Al-Qur'an dan hadits Rasulullah SAW, Al-Qurthubi mengupas lengkap dan tuntas ketiga hal misteri itu. Ia juga mengupas soal siksa kubur, tentang roh, keluarnya nyawa dari tubuh, juga tentang surga dan neraka, dengan segala kenikmatan dan derita di dalamnya, serta tentang dahsyatnya peristiwa hari kiamat.

Wallahu A'lam

(sajada.id)

Artikel Terkait:

Doa Agar Diberi Ilmu yang Bermanfaat

Tiga Keutamaan Mempelajari Ilmu Tajwid

Inilah Alasan Kenapa Sayyidina Ali Disebut Sebagai Gerbangnya Ilmu Pengetahuan

Malaikat Mikail Menahan Matahari Agar Tidak Terbit Demi Ali

Keutamaan Surah Yasin

Zikir dan Doa Agar Kuat Hafalan



× Image