Home > Al Quran

Prof Said Agil: Mau Kuat Hafalannya? Amalkan Ijazah Berikut Ini

Mereka yang kuat hafalannya disebut dengan mutqin.
Prof Dr. KH. Said Agil Husein Al Munawwar
Prof Dr. KH. Said Agil Husein Al Munawwar

Prof Said Agil: Mau Kuat Hafalannya? Amalkan Ijazah Berikut Ini

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Setiap umat Islam pasti ingin memiliki hafalan yang kuat, terlebih dalam menghafal Al-Qur'an. Mereka yang kuat hafalannya disebut dengan mutqin.

Prof Dr KH Said Agil Husen Al Munawwar, ulama terkemuka dan pernah menjabat sebagai Menteri Agama menjelaskan dan memberikan ijazah agar seseorang agar kuat hafalannya.

"Insya Allah kuat hafalannya dan tidak gampang lupa. Hafalan akan lengket seperti perangko," ujar Said Agil.

Menurutnya, ijazah bacaan atau amalan ini didapatkan dari kakeknya yang bernama Habib Alawi bin Ahmad bin Muhammad Bahusein. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut:

بسم الله الرحمن الرحيم اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ فَهْمَ النَبِيِّنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِينَ و إِلْهَام الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِينَ 

اللَّهُمَّ أَغْنِي بِالْعِلْمِ وَزَيَّنِي بِالْحِلْمِ وَأَكْرِمْنِي بِالتَّقْوَى وَجَمِّلْنِي بِالْعَافِيَةِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّحِمِينَ

Bismillahirrahmanirrahim. Allâhumma innii As'aluka fahman nabiyyin, wa hifzhal mursalin, wa ilhaamal malaa'ikatil muqorrobin.

Allâhumma aghninii bil 'ilmi wa zayyinii bil hilmi, wa akrimnii bit-taqwa wa jammilnii bil-'afiyah, birahmatika ya arhamar raahimiin.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.Ya Allah, aku meminta pemahaman seperti pemahaman para Nabi, dan memiliki hafalan seperti hafalan para rasul, dan diberikan Ilham seperti malaikat muqorrobin (paling dekat).Ya Allah, anugerahkan kepadaku kekayaan berupa ilmu, dan hiasikaj diriku dengan hilm (kelemahlembutan), dan muliakanlah diriku dengan ketakwaan, serta perbaguskan diriju dengan kesehatan, Ya Allah dengan rahmat-Mu yang Maha Pengasih.

Lebih lanjut Prof Said Agil menjelaskan, doa atau ijazah tersebut dibaca setiap habis shalat fardhu sebanyak tiga kali. "Lebih utama lagi selesai shalat Ashar," ujarnya.

× Image