Home > Fiqih

Keutamaan Wudhu Menurut Para Pakar

Sekitar 500 titik energi akan tersentuh dari praktek wudhu yang baik dan benar.
Seorang jamaah sedang berwudhu. Sumber: Republika
Seorang jamaah sedang berwudhu. Sumber: Republika

Keutamaan Wudhu Menurut Para Pakar

.

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Wudhu adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat Islam sebelum melaksanakan ibadah shalat baik fadhu (wajib) maupun shalat sunnah. Tidak akan diterima ibadah shalat seorang muslim bila ia tidak berwudhu atau berhadats.

Selain untuk ibadah shalat, wudhu juga diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sebab, melalui wudhu, hampir 500 titik energi akupunktur akan terkena air, dan itu membantu memperbaiki sel-sel syaraf tubuh.

Baca Juga: Pakar Kesehatan Ini Masuk Islam karena Kagum dengan Wudhu

Dari empat anggota wudhu utama (wajah, tangan, kepala, dan kaki) ditambah kesunnahan membasuh telinga, maka setidaknya ada beberapa titik-titik energi pada lima anggota wudhu itu akan terkena sentuhan tangan. Menurut sejumlah ahli akupunktur, ada sekitar 500 titik energi dari anggota lima anggota wudhu. Contohnya, pada wajah terdapat 84 titik energi, tangan 95 titik, kepala 64 titik, telinga 125 titik, dan kaki 125 titik.

Selain itu, wudhu menggabungkan empat teknik pengobatan, dari metode klasik hingga modern, mulai dari akupunktur, refleksi, emotional freedom technique (EFT) hingga spiritual emotional freedom technique (SEFT).

Artikel Terkait: Lima Hal yang Membatalkan Wudhu

Para pakar kesehatan meyakini bahwa wudhu itu sangat menyehatkan. Berikut beberapa komentarnya;

“Wudhu bisa mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan syaraf-syaraf, oto menjadi lebih rileks, mengurangi kecepatan detak jantung dan nyeri-nyeri otot, menghilangkan kecemasan, dan imsomnia (susah tidur).” Demikian dikatakana Dr. Ahmad Syauqy Ibrahim, anggota Ikatan Dokter Kerajaan Arab Saudi.

Hal senada juga disampaikan Mokhtar Salem, ahli kesehatan dalam artikelnya yang berjudul Prayers a Sport for the Body and Soul. Ia mengatakan;

“Wudhu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Kemudian apabila dibersihkan denan air (terutama saat wudhu), bahan kimia itu akan larut. Selain itu, dengan wudhu yang teratur, maka seseorang menjadi tampak lebih muda.”

Ulama lainnya, yakni Dr. Muwaffaq Asy-Syathi. Ia berkata; “Membasuh bagian-bagian tubuh yang terbuka dengan wudhu, dapat memperlancar air kencing, mengeluarkan racun-racun, menambah nafsu makan, mengaktifkan pencernaan, merangsang otot kulit dan otot sendi. Rangsangan ini akan menuju ke seluruh otot urat leher, paru-paru, perut, kemudian diteruskan kepada seluruh anggota tubuh dan kelenjar-kelenjar.”

Artikel Terkait:

Air Mani, Madzi, Wadi. Apa Bedanya?

Keutamaan Bulan Sya'ban

Perbanyak Sholawat

Baca Sholawat JIbril Membawa Berkah

Nisfu Sya'ban Hari Raya Malaikat

Amalan di Bulan Sya'ban

Doa Mustajab di Akhir Bulan Rajab

Kisah Orang Alim dan Orang Awam

Perbanyak Sholawat

Baca Sholawat JIbril Membawa Berkah

× Image