Home > Situs

Bukan Adam, Inilah Makhluk Pertama yang Diciptakan Allah SWT

Sebagian ulama meyakini bahwa yang pertama kali diciptakan Allah adalah Nur Muhammad.

Darwin berpendapat, manusia berevolusi dari bentuk aslinya ke bentuk sekarang,” tegas Syekh Mun’im Ibrahim, dalam bukunya Ma Qabla Khalqi Adam (Adakah Makhluk Sebelum Adam, Menyingkap Misteri Awal kehidupan), dan Wafqat Ma’a Abi Adam.

Syekh Mun’im setuju bahwa ada makhluk lain sebelum Adam diciptakan, artinya Adam bukan makhluk pertama. Namun, ia sangat yakin, bahwa Adam adalah manusia pertama yang berakal yang diciptakan Allah SWT.

Baca Juga: Jika Tulisan Al-Quran Hilang, Bagaimana Kalian Akan Membacanya?

Pendapat senada dengan penjelasan Syekh Mun’in ini, juga terdapat dalam buku Al-Jamharah karya Abu Darid, At-Tahzib karya Al-Azhari, Diwan al-Adab karya al-Farabi, Mu’jam Maqayis al-Lughah karya Ibnu Faris, Lisanu al-Arab karya Ibnu al-Manzhur Al-Ifriqi, lalu As-Shahhah karya Al-Jauhari, dan al-Mukhtar karya Ar-Razi.

Sejumlah pihak mengatakan, bahwa sebelumnya telah ada makhluk lain yang disebut dengan manusia, dan mengelola bumi ini. Namun, mereka bukanlah manusia yang berakal. Sehingga, dalam pengelolaannya, makhluk itu banyak melakukan kerusakan dan kehancuran. Itulah, meNurut berbagai pendapat, sehingga Malaikat berkata kepada Allah, bahwa makhluk yang akan diciptakan-Nya untuk mengelola bumi itu akan melakukan kerusakan, sebagaimana pendahulunya. Wa Allahu A'lam.

Makhluk Pertama

Lalu, apa atau siapa makhluk yang pertama kali diciptakan Allah SWT? MeNurut Syekh Mun’im, makhluk yang pertama kali diciptakan adalah qalam (pena). Dari Ubadah bin As[1]Shamit, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Awal makhluk yang Allah SWT ciptakan adalah pena, lalu Dia berkata kepada pena, ‘Tulislah.’ Pena berkata, ‘Apa yang aku tulis?’ Allah berkata, ‘Tulislah apa yang akan terjadi dan apa yang telah terjadi hingga hari Kiamat.”

Baca Juga: Posisi Wudhu yang Baik

Imam Ahmad RA meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda, “Bahwa makhluk yang pertama kali Allah ciptakan adalah pena, lalu Dia berkata kepada pena tersebut, ‘Tulislah.’ Maka pada saat itu berlakulah segala apa yang ditetapkan hingga Kiamat.” (Lihat Musnad Ahmad RA).

Baca Juga: Empat Ciri Orang Bertakwa Mnurut Sayyidina Ali

Dalam riwayat lain, ada yang mengatakan, makhluk yang pertama diciptakan adalah dawat (tinta), lalu pena. Ada pula yang menyebutkan, air yang pertama kali diciptakan. MeNurut Syekh Mun’im, pena adalah makhluk pertama yang diciptakan. Pendapat ini telah di-tarjih dan dikuatkan oleh Ibnu Jarir dan Nashiruddin al-Albani RA.

Setelah Allah menciptakan qalam, maka kemudian dilanjutkan dengan penciptaan tinta (dawat). Selanjutnya, Allah menciptakan air, kemudian arasy (singgasana), kursi, lauh al[1]mahfuzh, langit dan bumi (semesta), malaikat, surga, neraka, jin dan iblis (setan), dan Adam AS.

Baca Juga:

Lima Nasihat Abu Bakar

A to Z Masalah Wudhu

10 Keutamaan Berwudhu

Posisi Wudhu yang Baik

Kisah-Kisah Islami dan Inspiratif

Kencing Sembarangan, Siksa Kubur Menanti

Tiga Orang yang Dilaknat Allah

Kisah Pertobatan Malik bin Dinar

× Image