Home > Hadits

Empat Hal Ini Harus Dipertanggungjawabkan di Hari Kiamat

(1) umurnya, untuk apakah ia habiskan, (2) jasadnya, untuk apakah ia gunakan, (3) ilmunya, apakah telah ia amalkan, (4) hartanya, dari mana ia peroleh dan dalam hal apa ia belanjakan.

Keempat, akan ditanya mengenai harta, dari mana memperolehnya dan untuk apa dibelanjakan. Khusus untuk harta, pertanyaan lebih banyak dibandingkan yang lainnya.

Dalam masalah harta ini, manusia terbagi menjadi tiga golongan, dua celaka dan satu yang selamat. Dua golongan yang celaka pada hari kiamat adalah mereka yang mengumpulkan harta dengan cara yang haram atau dari sumber yang haram, dan mereka yang mengumpulkan harta dengan cara yang halal tapi membelanjakannya untuk hal-hal yang diharamkan.

Sedangkan golongan yang selamat adalah mereka yang mengumpulkan harta dengan jalan yang halal dan membelanjakannya untuk perkara-perkara yang halal. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

نِعْمَ الْمَالُ الصَّالِحُ لِلرَّجُلِ الصَّالِحِ (رَوَاهُ أَحْمَدُ فِي مُسْنَدِهِ)

“Sebaik-baik harta adalah harta milik orang yang saleh.” (HR Ahmad dalam al-Musnad).

Demikianlah empat perkara yang akan dipertanggungjawabkan oleh setiap manusia dihadapan Allah pada Hari Kiamat nanti, sebelum dirinya ditanya yang lainnya. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam. (sajada.id)

.

Baca juga:

Kisah Ulama yang Doanya Tertolak karena Sebutir Kurma

Kelompok yang Mengiringi Jenazah

10 Golongan yang Jasadnya Masih Utuh Hingga Hari Kiamat

Kisah-Kisah Islami dan Inspiratif

Tempat Bersejarah dalam Al-Quran

.

Silakan kirimkan artikel keislaman Anda melalui email: infosajada.id@gmail.com

.

× Image