Home > Al Quran

Keutamaan Surat Ini Seperti Mengkhatamkan Sepertiga Al-Quran

Allah SWT mencintai orang yang suka membaca Surat Al-Ikhlas.

Keutamaan Surat Ini Seperti Mengkhatamkan Sepertiga Al-Quran

Oleh Syahruddin El Fikri

Allah SWT mencintai orang yang suka membaca Surat Al-Ikhlas.

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Kita semua umat Islam, tentu sudah mengenal Surat Al-Ikhlas. Bahkan kita menghafalkannya. Bagi yang belum hafal, Insya Allah, jika berusaha, maka dalam waktu singkat akan bisa menghafal.

Jumlah ayatnya ada empat. Surat ini diturunkan di Kota Makkah. Meskipun surah atau surat ini tergolong pendek, tetapi ia memiliki kedudukan yang tinggi dibandingkan dengan surah lainnya. Bahkan, kedudukannya disamakan dengan sepertiganya Al-Qur’an.

Hal ini ditegaskan dalam sebuah hadits yang ditiwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa membaca Surah Al-Ikhlas sebanyak satu kali maka seolah-olah ia telah membaca 1/3 Al-Qur’an. Dan barang siapa membacanya dua kali maka seolah-olah ia telah membaca 2/3 Al-Qur’an. Dan barang siapa membacanya tiga kali maka seolah-olah ia telah membaca seluruh Al-Qur’an. Barang siapa membacanya sebanyak 11 kali maka Allah membangunkan untuknya rumah di surga yang terbuat dari intan merah.”

Oleh karena besarnya keutamaan dari surat ini, maka umat Islam sangat dianjurkan untuk banyak membacanya. Berikut ini, bunyi dari surat Al-Ikhlas.

Qul Huwa Allahu Ahad, Allahu As-Shamad, Lam Yalid wa Lam Yuulad, wa Lam Yakun Lahu Kufuwan Ahad.

“Katakannya, Dia adalah Allah yang Maha Esa. Allah Maha Bergantung (seluruh makhluk). (Dia) tidak dilahirkan dan tidak pula melahirkan. Dan tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya.” (QS. Al-Ikhlas [112]: 1-4).

Berikut ini adalah di antara keutamaan dari Surat Al-Ikhlas;

1. Sepertiga Al-Quran

Berdasarkan riwayat dari Anas di atas, maka orang yang membaca Surat Al-Ikhlas satu kala, pahalanya seperti dia membaca 1/3 Al-Quran. Dan jika dibaca tiga kali, berarti setara dengan mengkhatamkan Al-Quran 30 juz.

2. Dibangunkan Rumah di Surga

Masih dari hadist riwayat Anas, orang yang membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 11 kali, maka Allah membangunkan untuknya rumah di surga yang terbuat dari intan merah.”

Dalam Riwayat yang lain, orang yang membaca sebanyak 10 kali, maka akan dibangunkan istana di surga.

Dari sahabat Mu’adz bin Anas Al-Juhanii radhiallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

مَنْ قَرَأَ ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) حَتَّى يَخْتِمَهَا عَشْرَ مَرَّاتٍ بَنَى اللَّهُ لَهُ قَ صْراً فِى الْجَنَّةِ

‘“Siapa yang membaca ‘Qul huwallahu ahad’ (surah Al-Ikhlas) sampai ia merampungkannya sebanyak 10 kali, maka akan dibangunkan untuk istana di surga.” (HR. Ahmad, 3/437).

× Image