Home > Hadits

10 Langkah Agar Senantiasa Istiqomah

Allah memerintahkan seorang mukmin itu senantiasa Istiqomah dalam menjalankan perintah Allah.


5. Pembinaan iman

Pembinaan iman artinya senantiasa mendekatkan dirinya dengan Allah melalui kajian-kajian atau mengikuti pengajian atau majelis taklim. Di majelis taklim akan diterangkan masalah-masalah fikih, akidah, akhlak, hadits, Al-Quran dan berbagai kisah teladan.


6. Meneladani Salafush-Shalih dan ulama yang istiqomah

Ulama adalah pewaris Nabi. Dari mereka ditemukan teladan yang baik. Yang dikatakannya senantiasa membawa kita untuk semakin dekat dengan Allah SWT.

Seorang ulama akan menjaga dirinya dengan akhlak mulia. Ia tak akan melakukan perbuatan dusta dan omongan merendahkan atau melecehkan. Karena itu, bila ada orang yang mengaku dirinya sebagai orang alim, tapi tutur katanya busuk, mengadu domba, fitnah, dan caci maki, maka jauhilah, walaupun dia memiliki latar belakang ilmu yang kuat.

Keteladanan juga bisa didapatkan dari pengamatan lingkungan sekitar. Dalam sebuah maqalah dikatakan, "ambillah ilmu walaupun keluarnya dari mulut anjing." Apapun yang baik, walau datangnya dari seorang pendosa, selama itu baik, maka ambillah. Dan tinggalkan yang buruk atau jahat, walaupun datangnya dari seorang ahli ibadah atau ahli ilmu.


7. Mencintai Allah dan Rasul-Nya melebihi yang lainnya

Dalam Al-Quran, dikatakan: "Kalian tidak akan sampai pada suatu kebaikan (abadi) bila kalian tidak mencintai Allah dan Rasul-Nya, melebihi kecintaan kalian pada lainnya." Berdasarkan hal ini, mencintai Allah dan Rasul-Nya adalah nomor satu.


8. Mencintai dan membenci sesuatu karena Allah

Bila cinta kepada Allah dan Rasul-Nya merupakan yang utama, maka apapun yang dibenci Allah dan Rasul-Nya juga harus diutamakan. Benci karena Allah, dan mencintai juga karena Allah. Silakan mencintai sesuatu tetapi jangan berlebih-lebihan, apalagi melebihi kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya.

× Image