Home > Hadits

10 Langkah Agar Senantiasa Istiqomah

Allah memerintahkan seorang mukmin itu senantiasa Istiqomah dalam menjalankan perintah Allah.

10 Langkah Agar Senantiasa Istiqomah

.

Oleh Syahruddin El Fikri


SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Setiap orang beriman senantiasa berusaha untuk dapat Istiqomah dalam beriman dan kepada Allah SWT. Sayangnya, untuk selalu Istiqomah alias konsisten dalam beribadah, sering banyak ujian dan rintangan.


Berikut ini ada 10 langkah bagi seorang muslim untuk senantiasa Istiqomah dan beriman dan beribadah kepada Allah. Apa saja langkah-langkahnya? Simak selengkapnya cara yang dihimpun tim sajada.id dari berbagai sumber untuk kita senantiasa bisa istiqomah.


1. Merenungkan atau tadabbur Al-Quran

Membaca dan mengamalkan atau menadabburi Al-Quran niscaya akan membuat pribadi seorang muslim menjadi kuat dan yakin. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman:"Sembahlah Tuhan kalian, hingga datang keyakinan kepadamu." Kalimat ini menegaskan bahwa dalam beribadah dan menyembah Allah, kita harus yakin. Karena, dengan keyakinan itu akan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Membaca Al-Quran harus sering dan istiqomah. Mengapa, karena banyak orang yang dulu lancar membaca Al-Quran, namun karena jarang menyentuh dan membacanya, dampaknya bisa membuatnya lupa huruf dan bacaan Al-Quran. Dan membaca Al-Quran itu harus dilakukan secara rutin dengan meluangkan waktu secara khusus, bukan sebaliknya menunggu waktu luang baru khusus membaca Al-Quran.


2. Mengamalkan Ajaran Allah

Mengamalkan ajaran Allah artinya mengamalkan Islam dengan baik, yakni melaksanakan apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi semua yang dilarang-Nya. Seperti mendirikan shalat lima waktu, berpuasa pada bulan Ramadhan, menunaikan zakat, serta menjauhi perbuatan dosa dan maksiat.


3. Memperbanyak Doa

Memperbanyak doa kepada Allah adalah salah satu upaya agar bisa Istiqomah untuk dekat kepada Allah. Berdoa menunjukkan seorang hamba itu kecil, miskin, dan hina dina. Mereka yang berdoa adalah mereka yang tak memiliki kuasa apapun, selain kuasa yang diberikan Allah. Tanpa izin dari Allah, maka sesungguhnya dirinya hanyalah seorang yang tak punya apa-apa. Berdoa berarti memohon kepada Allah yang Maha Besar, Maha Kuasa, Maha Kaya. Sedangkan dirinya adalah makhluk rendah, miskin, dan tak punya kuasa.


4. Zikir

Zikir akan membuat hati menjadi tenang. Mengingat Allah dalam setiap kesempatan akan menjauhkan dirinya dari perbuatan dosa dan maksiat, khususnya dari lisannya. Lisan yang jarang berzikir akan akan sering berkata dusta, berkata palsu, dan fitnah serta hasud.

Berapa banyak terjadi perbunuhan disebabkan oleh lisan yang berdusta bahkan memfitnah dan hasud. Karena itu, dengan berzikir, maka mulutnya akan terjaga dari perkataan tidak baik, caci maki, mengumpat, dan berkata bohong. Dengan banyaknya berzikir, maka dari mulutnya hanya keluar perkataan yang baik, jujur, dan memiliki sopan santun serta budi pekerti yang baik.

× Image