Home > Al Quran

Pengen Utang Dilunasi Allah? Ini Salah Satu Amalannya

Setiap hari dia mengamalkan membaca Surah Al Ikhlas sebanyak 100 kali.
Surah Al Ikhlas (dok. sajada.id)
Surah Al Ikhlas (dok. sajada.id)

Allah Melunasi Utang Seseorang karena Berkah dari Surah Al-Ikhlas

.

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yag dirahmati Allah SWT.

Bagi kebanyakan orang, tidak punya uang memang sungguh tidak enak. Salah satu jalan pintas akhirnya mengutang kepada teman, tetangga, atau kalangan perbankan. Bahkan ada pula yang akhirnya mencari pinjaman melalui rentenir atau pinjaman online (pinjol).

Tapi apa pun namanya, pinjam atau utang itu memang sungguh tidak nyaman. Karena selalu terpikirkan bagaimana cara membayarnya. Sebagian di antaranya akhirnya mencoba gali lubang tutup lubang, alias pinjam lagi ke tempat lain untuk menutupi utang sebelumnya. Ia bagaikan lingkaran setan yang membuat penggunanya terjebak dalam kehidupan konsumtif.

Lalu bagaimana cara melunasinya? Tentu saja dengan usaha yang lebih keras agar bisa menyelesaikannya. Selain dengan usaha, hendaknya dibarengi juga dengan doa, wirid, atau zikir, supaya utang lekas terbayar.

Baca Juga; Doa Agar Terbebas dari Utang

Dalam kitab Mawa‘izh al-‘Ushfuriyyah, karya Syekh Muhammad Abu Bakar al-Ushfuri dikisahkan, tentang seseorang yang berutang, namun saat meninggal dunia, utangnya dilunasi oleh Allah. Kok bisa? Ternyata yang bersangkutan setiap malamnya mengamalkan Surah Al Ikhlas (Qul Huwallahu Ahad hingga akhir).

Kisah selengkapnya seperti berikut ini;

Suatu hari, Nabi Muhammad SAW sedang duduk di pinggiran kota Madinah. Tiba-tiba melintaslah sebuah iring-iringan yang membawa jenazah seorang laki-laki.

Nabi Muhammad SAW pun bertanya, “Apakah mayat laki-laki itu meninggalkan utang?” Para sahabat menjawab, “Betul, laki-laki ini meninggalkan utang sebanyak empat dirham.”

“Shalatkanlah laki-laki itu oleh kalian, karena aku tidak mau menyalati orang yang memiliki utang, lalu meninggal dan belum melunasinya,” tutur Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Rasul Enggan Menyalatkan Tiga Orang Ini

Tidak lama setelah itu, turunlah malaikat Jibril dan berkata, “Wahai Muhammad, sesungguhnya Allah titip salam kepadamu dan berpesan, ‘Aku telah mengutus Jibril dalam rupa manusia dan melunasi utang laki-laki itu.’ Maka bangkitlah engkau dan shalatkanlah jenazah itu. Sebab, ia telah diampuni Allah dan Dia juga menyampaikan, siapa saja yang menshalati jenazah tersebut, maka dia juga turut diampuni.”

Baca Juga: Doa Agar tidak Dizalimi

Penasaran terhadap hal itu, Nabi Muhammad SAW pun bertanya kepada malaikat Jibril. “Wahai saudaraku Jibril, dari manakah kemuliaan laki-laki yang meninggal itu?”

Malaikat menjelaskan, “Berkat membaca Surah al-Ikhlas setiap hari sebanyak 100 kali. Pasalnya, di dalam surah itu terdapat penjelasan sifat-sifat Allah dan pujian kepada-Nya. Dan siapa saja yang membaca Surah al-Ikhlas satu kali seumur hidupnya, maka dia tidak akan keluar dari dunia ini (meninggal), kecuali telah melihat tempatnya di surga. Khususnya, siapa saja yang membaca surah ini dalam shalat lima waktu sebanyak beberapa kali, maka pada hari Kiamat akan diberi syafaat, bahkan diberi kesempatan untuk memberikan syafaat kepada kerabatnya yang telah divonis masuk neraka.” (Lihat: Syekh Muhammad Abu Bakar, Mawa‘izh al-‘Ushfuriyyah, [Surabaya: Maktabah Muhammad ibn Ahmad Nabhan], hal. 20).

Baca Juga: Doa Anti Utang dan Dijauhkan dari Kesedihan

.

× Image