Home > Doa

Doa Agar Terhindar dari Utang

Doa Ini dapat diamalkan setiap pagi dan petang (sore hari).
Ilustrasi sebuah keluarga melaksanakan shalat berjamaah. Sumber: (Republika)
Ilustrasi sebuah keluarga melaksanakan shalat berjamaah. Sumber: (Republika)

Doa Agar Terhindar dari Utang

.

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Memiliki utang memang sanngat tidak enak. Kita merasa selalu dikejar-kejar oleh tagihan. Apalagi, jika utang menumpuk bahkan (naudzubilah) terbawa sampai wafat, Rasulullah menolak untuk menyalatkannya.

Karena itu, agar terhindar dari lilitan utang, Rasulullah SAW mengajarkan doanya. Berikut ini doa agar terbebas dari lilitan utang.

Baca Juga: Doa Agar tidak Dizalimi

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

'Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl'.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Doa tersebut di atas sebaiknya dbaca setiap pagi dan petang. Lebih bagus bila disitiqomahkan (rutin) setiap hari.

Baca Juga: Doa Agar Terhindar dari Malas

Doa kedua yang juga diajarkan Rasulullah SAW agar terbebas dari utang dan jika tetap tersangkut agar dimudahkan untuk melunasinya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

"Allahumma akfini bihalalika 'an haramika wa aghnini bifadhlika 'amman siwak."

“Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, serta cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu,” (HR Tirmidzi).

Baca Juga: Susunan Wirid dan Zikir Istighotsah

× Image