Home > Doa

Doa Anti Utang atau Agar Dibebaskan dari Utang dan Kesedihan

Doa Agar Dibebaskan dari Utang dan Kesedihan sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW.

Doa Agar Dibebaskan dari Utang dan Kesedihan

Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Setiap orang bisa dikatakan mayoritas memiliki utang dan bahkan akhirnya membuat hidupnya penuh dengan kesedihan dan kenestapaan.

Berkenaan dengan hal ini, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam (SAW) mengajarkan sebuah doa yang dapat dijadikan rujukan bagi umat Islam untuk senantiasa mengamalkan doa tersebut. Adapun doa tersebut adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allâhumma innî a'ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a'ûdzu bika minal 'ajzi wal kasal. Wa a'ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a'ûdzu bika min gholabatid daini wa qahrir rijâl.

Artinya: "Allah, sungguh aku berlindung padamu dari susah dan sedih, aku berlindung padamu dari sifat lemah dan malas, aku berlindung padamu dari sifat takut dan pelit, dan aku berlindung padamu dari terlilit utang dan dikuasai oleh orang-orang yang semena-mena."

Adapun doa ini beliau ajarkan kepad salah seorang sahabat beliau yang bernama Abu Umamah. Kisahnya sebagai berikut:

Suatu hari Rosulullah SAW masuk masjid dan ketemu dengan seorang laki-laki yang bernama Abu Umamah. Lantas beliau bertanya: “Wahai Abu Umamah, mengapa kamu di masjid di luar waktu shalat?” Abu Umamah menjawab: “Sedih, wahai Rasul. Saya punya banyak hutang.” Rasulullah berkata lagi: “Maukah kau kuberitahu doa yang jika kamu panjatkan maka Allah akan menghilangkan kesedihan dan melunaskan hutangmu?” Jawab Abu Umamah: “Ya, mau, wahai Rasul?” Jawab Rasul: “Berdoalah tiap pagi dan sore:

× Image