Home > Fiqih

Berwudhu Sebelum Tidur, Begini Keutamaannya

Banyak sekali manfaat dari berwudhu sebelum tidur.

1. Malaikat akan senantiasa menjaganya.

Bagi seorang mukmin yang berwudhu sebelum tidur, maka dia akan dijaga oleh malaikat Allah. Dengan penjagaan malaikat, maka dia tidak akan diganggu oleh jin maupun setan.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.’” [HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.].

2. Bila wafat dia diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah.

Seperti dikatakan Al Hafizh Ibnu Hajar dalam Kitabnya Fathul Bari, orang yang berwudhu sebelum tidur, jika dia wafat maka wafatnya dalam keadaan husnul khatimah.

“Siapa yang tidur dalam kondisi suci, agar ketika kematian menjemputnya (saat tidur), maka dia berada dalam keadaan sempurna (husnul khatimah).

Artikel Terkait:

A to Z Masalah Wudhu

Jaga Empat Hal Ini dalam Berwudhu

10 Keutamaan Wudhu

Pengen Sehat? Amalkan Ajaran Islam Berikut Ini

Malaikat Berebut Mencatat Amal Orang Ini

Rukun Wudhu, Empat atau Enam?

3. Wajahnya Berseri-Seri di Hari Kiamat

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa orang yang suka berwudhu, maka di hari kiamat nanti terlihat berseri-seri. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam salah satu hadis berikut:

"Sesungguhnya umatku pada hari Kiamat adalah al-ghurr dan al-muhajjalun karena bekas wudhu. Siapa saja yang mampu memanjangkan ghurr-nya maka lakukanlah! " (HR. Ahmad).

Sejumlah ulama berpendapat, ghurr itu adalah memanjangkan basuhan wudhu dan mempertahankan wudhu dalam waktu yang lama.

4. Mimpi yang Baik

Orang yang berwudhu sebelum tidur, maka ketika dia bermimpi, dia akan mendapatkan mimpi yang baik, dan bukan mimpi akibat gangguan iblis, setan, atau jin.

“Di antara manfaat wudhu ini, untuk mengundang mimpi yang baik, dan dijauhkan dari permainan setan ketika tidur.” (Fathul Bari, 11/110).

5. Mencerahkan Kulit Wajah

Wudhu tidak hanya bermanfaat secara batin, tetapi juga seara kesehatan. Sejumlah ahli kesehatan menyebutkan bahwa wudhu dapat mencerahkan kulit wajah sebab akan menghilangkan kotoran yang melekat pada wajah sehingga terlihat lebih bersih dan cerah saat bangun pagi.

× Image