Home > Fiqih

Berwudhu Sebelum Tidur, Begini Keutamaannya

Banyak sekali manfaat dari berwudhu sebelum tidur.

6. Relaksasi Otot

Berwudhu sebelum tidur berguna untuk merileksasikan otot sebelum beristirahat. Ilmu kedokteran membuktikan, percikan air dalam wudhu adalah cara untuk mengendurkan otot kaku karena lelah beraktivitas seharian, sehingga wudhu sebelum tidur bisa dikategorikan sebagai salah satu cara hidup sehat menurut Islam.

7. Menstimulasi Syaraf

Seorang professor bernama Leopold Warner Von Ehrenfels yang merupakan seorang psikiater dan juga ahli dalam bidang neurology dari Austria menyatakan, di saat seseorang berwudhu dengan membasahi dahi, tangan dan juga kaki, maka hal tersebut secara tidak langsung juga akan membangunkan dan menstimulus syaraf pusat dan menjadi cara menenangkan hati.

8. Membuat Detak Jantung Stabil

Berwudhu bisa menstabilkan detak jantung dalam keadaan normal. Hal ini sudah diteliti oleh seorang dokter bernama Ahmad Syauqy seorang ahli dalam bidang penyakit dalam dan juga ahli penyakit di London.

Artikel Terkait:

Berkah Maulid, Keluarga Yahudi Masuk Islam

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Negeri yang Diazab Allah

Kisah Kehancuran Kaum Tsamud

9. Tidur Nyaman dan Tenang

Wudhu sebelum tidur juga akan memberikan perasaan yang tenang dan lebih rileks khususnya jika juga membaca doa dan zikir sebelum tidur sehingga membuat tidur semakin lebih lelap dan tenang, sekaligus mengatasi susah tidur atau insomnia.

10. Mencegah Penyakit Kulit

Berwudhu memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah penyakit kulit. Seseorang yang melaksanakan wudhu sebelum tidur, setidaknya lima kali dalam sehari, bisa menjaga kebersihan kulitnya. Selain itu, wudhu juga efektif menjaga kulit dari berbagai serangan penyakit.

11. Diampuni Dosa-Dosanya

Setiap muslim yang berwudhu maka Allah SWT akan mengampuni kesalahan-kesalahannya, mengangkat derajatnya dan akan selalu diberikan kesabaran saat menghadapi perkara yang tidak disenangi. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda:

× Image