Home > Fiqih

Berwudhu Sebelum Tidur, Begini Keutamaannya

Banyak sekali manfaat dari berwudhu sebelum tidur.
Berwudhu sebelum tidur sangat dianjurkan karena dirinya akan dijaga oleh malaikat. Sumber: (dok. sajada)
Berwudhu sebelum tidur sangat dianjurkan karena dirinya akan dijaga oleh malaikat. Sumber: (dok. sajada)

Berwudhu Sebelum Tidur, Begini Keutamaannya

.

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Wudhu merupakan salah satu cara untuk mensucikan diri dari hadas kecil. Selain untuk mensucikan diri, wudhu juga memiliki banyak keutamaan dan manfaatnya bagi kesehatan. Ibadah wudhu tidak hanya dilakukan saat akan beribadah salat dan membaca Al-Qur’an, tetapi juga bisa dilakukan menjelang tidur.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Hibban, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam (SAW) bersabda:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

"Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, "Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci." (HR. Ibnu Hibban dan Ibu Umar RA).

Artikel Terkait:

Berkah Maulid, Keluarga Yahudi Masuk Islam

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Negeri yang Diazab Allah

Kisah Kehancuran Kaum Tsamud

Al-Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan beberapa manfaat berwudhu sebelum tidur,

وَلَهُ فَوَائِد : مِنْهَا أَنْ يَبِيت عَلَى طَهَارَة لِئَلَّا يَبْغَتهُ الْمَوْت فَيَكُون عَلَى هَيْئَة كَامِلَة , وَيُؤْخَذ مِنْهُ النَّدْب إِلَى الِاسْتِعْدَاد لِلْمَوْتِ بِطَهَارَةِ الْقَلْب لِأَنَّهُ أَوْلَى مِنْ طَهَارَة الْبَدَن .. ، وَيَتَأَكَّد ذَلِكَ فِي حَقّ الْمُحْدِث وَلَا سِيَّمَا الْجُنُب وَهُوَ أَنْشَط لِلْعَوْدِ , وَقَدْ يَكُون مُنَشِّطًا لِلْغُسْلِ ، فَيَبِيت عَلَى طَهَارَة كَامِلَة . وَمِنْهَا أَنْ يَكُون أَصْدَق لِرُؤْيَاهُ وَأَبْعَد مِنْ تَلَعُّب الشَّيْطَان بِهِ

Ada banyak manfaat dari berwudhu sebelum tidur, di antaranya, orang itu tidur dalam kondisi suci, agar ketika kematian menjemputnya, dia berada dalam keadaan sempurna (husnul khatimah). Dari hadits ini juga terdapat pelajaran agar kita selalu menyiapkan diri menghadapi kematian, dengan menyucikan hati. Karena kesucian hati lebih diutamakan dari pada kesucian badan , lebih ditekankan lagi untuk orang yang sedang berhadats, terutama orang junub, agar bisa kembali segar atau memicu untuk mandi. Sehingga dia bisa tidur suci dari semua hadats. Kemudian, di antara manfaat wudhu ini, untuk mengundang mimpi yang baik, dan dijauhkan dari permainan setan ketika tidur. (Fathul Bari, 11/110)

Merujuk pada keterangan di atas, adapun manfaat berwudhu sebelum tidur adalah:

Artikel Terkait:

A to Z Masalah Wudhu

Jaga Empat Hal Ini dalam Berwudhu

10 Keutamaan Wudhu

Pengen Sehat? Amalkan Ajaran Islam Berikut Ini

Malaikat Berebut Mencatat Amal Orang Ini

Rukun Wudhu, Empat atau Enam?

× Image