Home > Agama

Kekuatan Kata, Begini Dampaknya Kalau Suka Membuli

Segala sesuatu yang Anda pancarkan lewat pikiran, perkataan atau kata-kata, serta perbuatan Anda, akan kembali ke dalam kehidupan Anda.

Berkenaan dengan ini pula, maka ungkapan kata kotor, cemoohan, makian, hinaan, bullying (perundungan), kepada orang lain, akan sangat berpengaruh pada pribadi orang yang bersangkutan. Keburukan akan muncul dan tertanam pada media tempat kita mengucapkan kata-kata tidak baik. Seperti eksperimen yang penulis lakukan dan yang juga dibuat oleh Masaro Emoto di atas.

Islam mengajarkan, menghina atau mencaci maki orang lain akan berdampak buruk, baik bagi diri pribadi maupun orang yang dihina. Bahkan, Al-Quran menegaskan bahwa orang yang melakukan hinaan, cacian dan ungkapan jelek lainnya, laksana dia sedang makan bangkai. Bangkai artinya sudah mati. Yang mati saja tidak mungkin untuk dimakan, apalagi sudah menjadi bangkai. Bahkan bukan sembarang bangkai, tetapi bangkai saudara sendiri.

Hal ini seperti tercantum dalam surah Al Hujurat ayat 12,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ

"Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak prasangka! Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Bertakwalah kepada Allah! Sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang."

Itulah bahayanya ghibah, bullying, hinaan, cacian, atau makin kepada orang lain. Semoga kita semua bisa menjaga lisan (lidah) dari menggosip, atau bahkan menghina orang lain. (sajada.id)

Artikel Terkait:

Jaga Empat Hal Ini dalam Berwudhu

10 Keutamaan Wudhu

Pengen Sehat? Amalkan Ajaran Islam Berikut Ini

Malaikat Berebut Mencatat Amal Orang Ini

Rukun Wudhu, Empat atau Enam?

.

.

Kirimkan artikel terkait keislaman kepada kami melalui email: infosajada.id@gmail.com

× Image