Home > Hadits

Hadits-Hadits yang Menjelaskan tentang Keutamaan Wudhu

Banyak Hadits yang Menjelaskan tentang Keutamaan Wudhu
Seorang jamaah sedang berwudhu. (Republika)
Seorang jamaah sedang berwudhu. (Republika)

Hadits-Hadits yang Menjelaskan tentang Keutamaan Wudhu

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Ibadah wudhu memiliki keistimewaan atau keutamaan yang sangat besar. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk senantiasa menjaga wudhu dengan baik.

Berikut ini sejumlah hadits Nabi Muhammad SAW yang menggambarkan betapa istimewanya wudhu.

Baca Juga: Pahalanya Besar Banget, Jangan Tinggalkan Sunnah Wudhu

Wanita Ahli Surga

Pertama, Dosanya Keluar dari Jasadnya

"Siapa berwudhu dan membaguskan wudhunya, maka keluarlah dosa-dosa dari jasadnya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya." (HR. Muslim)

Kedua, Doa-Doanya Dikabulkan Allah

Mu'adz bin Jabal, Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seorang muslim tidur di malam hari dalam keadaan berzikir dan bersuci/berwudhu lalu saat terbangun ia meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah SWT kabulkan."

Baca Juga: Rukun Wudhu, Empat atau Enam?

Ketiga, Dosanya Keluar Bersama Tetesan Air

Dari Abu Hurairah RA berkata, Nabi SAW bersabda: "Bila seorang hamba yang muslim atau mu'min berwudhu, lantas membasuh mukanya, maka keluarlah dosa kesalahan yang pernah dilihat matanya bersama dengan air (yang jatuh dari wajahnya) atau bersamaan dengan air yang terakhir. Bila dia membasuh kedua tangannya maka akan keluar dari kedua tangannya setiap dosa bersama air, di mana kedua tangannya pernah dibuat menampar (orang yang tidak bersalah), atau bersamaan dengan akhir air yang terakhir. Bila dia membasuh kedua kakinya maka keluarlah dari keduanya segala dosa kesalahannya bersama dengan air, di mana keduanya pernah berjalan untuk melakukan kesalahan tersebut, atau bersamaan dengan akhir tetesan yang jatuh dari keduanya. Sehingga orang yang berwudhu akan keluar dalam keadaan bersih dari dosa." (HR. Muslim).

Baca Juga: Gadis Cantik dari Bani An Nakhha

× Image