Home > Hadits

Jangan Tinggalkan Sunnah Wudhu Berikut Ini, Pahalanya Besar Banget

Para sahabat SAJADA.ID jangan sampai meninggalkannya ya, karena pahalanya besar banget.
Ilustrasi berwudhu (Republika)
Ilustrasi berwudhu (Republika)

Jangan Tinggalkan Sunnah Wudhu Berikut Ini, Pahalanya Besar Banget

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Berikut ini beberapa yang disunnahkan dalam berwudhu. Para sahabat SAJADA.ID jangan sampai meninggalkannya ya, karena pahalanya besar banget. Sangat rugi bila ditinggalkan. Apa saja Sunnah dalam berwudhu itu? Yuk baca kelanjutannya.

Sedikitnya, ada 15 hal yang disunnahkan dalam berwudhu, sebagaimana diinformasikan Rasulullah SAW dalam sejumlah hadist yang diriwayatkan para sahabat atau ahli hadits. Ke-15 hal itu adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Rukun Wudhu itu Empat atau Enam?

Pertama, membaca basmalah

Membaca Basmalah atau bismillahirrahmanirrahim. Kalimat basmalah ini merupakan kalimat yang istimewa. Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk senantiasa membaca kalimat tersebut ketika memulai mengerjakan sesuatu.

Dalam hal berwudhu, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak sah shalat seseorang yang tidak berwudhu dan wudhu tidak sempurna bagi orang yang tidak membaca bismillah (tidak menyebut nama Allah).” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Baca Juga: Jaga Empat Hal dalam Berwudhu ini Agar tidak Celaka

Kedua, membasuh kedua tapak tangan

Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila seorang di antara kalian bangun dari tidur, janganlah memasukkan tangannya ke tempat air sebelum membasuhnya tiga kali, sebab dia tidak mengetahui ke mana tangannya di waktu malam." (Muttafaqun 'alaih)

Membasuh tangan pun tidak hanya membasuhnya saja, tetapi juga menyela-nyela jari, membersihkan ujung jari atau kulit di bawah kuku. Tidak sah wudhu seseorang bila ada bagian dari kulit tangan yang menjadi anggota wudhu tidak terbasuh. Demikian juga dengan siku, harus dipastikan bahwa siku terbasuh oleh air.

Baca Juga: 10 Keutamaan Berwudhu

Ketiga, bersiwak...........

× Image