Home > Al Quran

Ayat Ini Bercerita tentang Nyamuk dan Dampaknya Bagi Mukmin dan Orang Kafir

Ayat Ini Bercerita tentang Nyamuk dan Dampaknya Bagi Mukmin dan Orang Kafir

Ayat Ini Bercerita tentang Nyamuk dan Dampaknya Bagi Mukmin dan Orang Kafir


Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Allah SWT banyak sekali membuat perumpamaan, baik yang besar maupun kecil, baik yang nyata maupun yang abstrak. Salah satunya adalah nyamuk.

Hewan kecil bahkan terkadang tak terlihat itu bisa membuat jengkel, dan menyebalkan. Apalagi kalau nyamuk Aedes Aegypti yang membawa penyakit demam berdarah. Sungguh menyebalkan.

Nah, dalam Al-Quran pun Allah bercerita tentang nyamuk serta dampaknya bagi orang beriman maupun orang kafir. Simak ayatnya berikut ini.


۞ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَسْتَحْىِۦٓ أَن يَضْرِبَ مَثَلًۭا مَّا بَعُوضَةًۭ فَمَا فَوْقَهَا ۚ فَأَمَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّهِمْ ۖ وَأَمَّا ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ فَيَقُولُونَ مَاذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِهَـٰذَا مَثَلًۭا ۘ يُضِلُّ بِهِۦ كَثِيرًۭا وَيَهْدِى بِهِۦ كَثِيرًۭا ۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِۦٓ إِلَّا ٱلْفَـٰسِقِينَ


Innallaaha laa yastahyii an yadhriba matsalan maa ba'udhatan fa maa fawqahaa, fa ammal ladziina aamanu fa ya'lamuuna annahul haqqu min rabbihim, wa ammal ladziina kafaruu fa yaquuluna maa dzaa araaallaahu bi haadzaa matsala, yudhillu bihii katsiiran wa yahdii bihii katsiiran, wa maa yudhillu bihii illal faasiqiin.


Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?". Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik. (QS. Al Baqarah ayat 26).

Demikianlah tanggapan orang beriman dan orang kafir atas nyamuk yang diciptakan Allah SWT.
(Syahruddin El Fikri/Rumah Berkah)

× Image