Home > Agama

Belum Setara dengan Atlet, Kemenag Siapkan Hadiah Rp. 2,7 M untuk Juara MQKN 2023

Hadiah juara MQKN 2023 bagian dari penghargaan yang luar biasa.

Belum Setara dengan Atlet, Kemenag Siapkan Hadiah Rp. 2,7 M untuk Santri Juara MQKN 2023


RUMAH BERKAH--Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) M. Ali Ramdhani membuka gelaran Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) ke-7 tahun 2023. Seremoni pembukaan digelar di Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur, Selasa (11/7/2023).

Dalam kegiatan yang diikuti lebih dari dua ribu santri dan mahasantri ini, Kemenag menyiapkan hadiah senilai total Rp. 2,7 miliar. "Para pemenang MQKN 2023, yakni juara I, II, III dan harapan I, II, III pada masing-masing cabang lomba akan diberikan medali, piagam penghargaan, dan uang pembinaan dengan total hadiah mencapai Rp2,7 miliar," ujar Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani dalam siaran persnya, Rabu, 12 Juli 2023.

Walau belum sebanding dengan penghargaan untuk atlet yang berprestasi di tingkat nasional maupun nasional, namun penghargaan ini bisa dibilang luar biasa.

Ali Ramdhani menyampaikan MQKN ke-7 tahun 2023 merupakan salah satu wasilah (perantara) dalam menjawab berbagai tantangan peradaban yang semakin cepat. Sesuai tema MQKN 2023, yakni 'Rekontekstualisasi Turats untuk Peradaban dan Kerukunan Indonesia', acara ini diharapkan menjadi momentum para santri untuk merawat NKRI melalui pemahaman kitab-kitab yang diajarkan oleh para pendahulu.

“Kegiatan ini kami harapkan mampu memotivasi dan meningkatkan kemampuan santri dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber dari kitab kuning,” kata Ali Ramdhani.

Dalam pembukaan MQKN 2023, Dirjen Pendis turut mengukuhkan 94 dewan hakim dan 35 panitera yang akan menjadi juri dan mengawal lomba.

Kang Dani, sapaan akrabnya, juga mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan MQKN, Halaqah Ulama Nasional dan Kemandirian Pesantren Expo, utamanya Kiai Ghofur dan keluarga besar Pesantren Sunan Drajat yang berkenan menerima dengan sambutan yang luar biasa.

× Image