Home > Hadits

Hadits ke-22 Arbain Nawawi: Cara Masuk Surga

Walaupun masuk surga itu mudah, tapi ada orang yang enggan memasukinya.

Hadits ke-22 Arbain Nawawi: Cara Masuk Surga

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Setiap umat Islam ingin sekali masuk ke dalam surga. Namun, bagi sebagian orang masuk surga itu tidaklah mudah, bahkan dirasa amat sulit. Sebagian lainnya, menyatakan bahwa masuk surga itu sangat mudah, hanya saja ada orang yang tidak mau diajak untuk masuk surga.

Dalam hadits ke-22 Arbain Nawawi dijelaskan mengenai orang yang beramal dan dijawab oleh Rasulullah bahwa dia akan masuk ke dalam surga. Berikut bunyi hadits ke-22 selengkapnya;

عَنْ أَبيْ عَبْدِ اللهِ جَابِرِ بنِ عَبْدِ اللهِ الأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: “أَرَأَيْتَ إِذا صَلَّيْتُ المَكْتُوبَاتِ، وَصُمْتُ رَمَضَانَ، وَأَحْلَلْتُ الحَلاَلَ، وَحَرَّمْتُ الحَرَامَ، وَلَمْ أَزِدْ عَلى ذَلِكَ شَيئاً أَدْخُلُ الجَنَّةَ؟ قَالَ: نَعَمْ”رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

وَمَعْنَى حَرَّمْتُ الحَرَامَ اِجْتَنَبْتُهُ، وَمَعْنَى أَحْلَلْتُ الحَلال فَعَلْتُهُ مُعْتَقِداً حِلَّهُ

Artinya:

 

Diriwayatkan dari Abu Abdullah bin Jabir bin Abdullah Al-Anshari RA bahwa sesungguhnya ada seorang laki-laki datang dan bertanya kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam (SAW), dan ia berkata, “Bagaimana pendapat Anda (kabarkan padaku), apabila aku mengerjakan shalat-shalat fardhu, puasa di bulan Ramadhan, menghalalkan yang halal, mengharamkan yang haram, dan aku tidak menambahnya sedikit pun dari itu, apakah aku akan masuk surga?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya.” (HR. Muslim).Makna “Aku mengharamkan yang haram”, ialah aku menjauhinya. Dan makna “Aku menghalalkan yang halal” ialah aku menghalalkannya lalu melakukannya dengan meyakini kehalalannya.

Dari hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa:

1. Siapa saja yang mendirikan shalat lima waktu, maka dia akan masuk surga.

2. Berpuasa pada bulan Ramadhan, maka dia akan masuk surga.

3. Menghalalkan sesuatu yang halal untuk dimakan, niscaya ia akan masuk surga.

4. Mencegah dirinya tercebur pada sesuatu yang diharamkan, maka dia akan masuk surga.

Bagi mereka yang mengerjakan perbuatan di atas, niscaya ia akan dimasukkan ke dalam surga oleh Allah SWT.

Dalam hadits qudsi, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman,

أَعْدَدْتُ لِعِبَادِى الصَّالِحِينَ مَا لاَ عَيْنَ رَأَتْ، وَلاَ أُذُنَ سَمِعَتْ، وَلاَ خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ. فَاقْرَءُوا إِنْ شِئْتُمْ ( فَلاَ تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِىَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ )

“Aku telah sediakan pada hambaku yang saleh, sesuatu yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga, dan tidak pernah terbetik dalam hati manusia. Bacalah jika kalian mau: Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang.” (HR. Bukhari, no. 3244 dan Muslim, no. 2824)

Ada juga hadits yang menyebutkan bahwa sedikit amalan saja bisa membuat seseorang masuk surga yaitu ketika mencukupi dengan yang wajib.

Dalam riwayat lain, Thalhah bin ‘Ubaidilah radhiyallahu ‘anhu berkata,

× Image