Home > Pustaka

Empat Hal Ini Dapat Menghilangkan Keistimewaan Seseorang

Bila empat hal itu hilang, maka dirinya tak lebih baik daripada hewan.

Ketiga, kata Syekh Nawawi Al Bantani, perkara yang dapat menghilangkan keistimewaan seseorang adalah tamak (serakah). Jika sikap serakah sudah bersemayam di hati, maka keserakahan itu akan menghilangkan rasa malu.

Lihatlah orang yang mencuri, apalagi mencuri uang negara (koruptor), padahal hartanya sudah berlimpah, tapi karena rakus dan serakah, maka dia rela mencuri dan mengambil sesuatu yang bukan haknya demi menumpuk kekayaan.

Pantaslah Rasul SAW menyebutkan, orang yang memiliki rasa malu, maka dalam hatinya dikarenakan ada imannya. Sebaliknya, jika sudah tidak ada rasa malu, maka imannya pun akan hilang. "Malu itu sebagian dari iman."

Dalam hadits lain, secara tegas Rasulullah SAW bersabda: "Jika Fatimah binti Muhammad mencuri, maka aku sendiri yang akan memotong tangannya."

Ini menegaskan betapa bahaya seseorang yang tak punya rasa malu. Sebab, orang yang kehilangan rasa malunya ia dapat disetarakan dengan seseorang yang sudah tak berakal dan membuatnya kehilangan agamanya.

Hal keempat, kata Syekh Nawawi, yang dapat menghilangkan keistimewaan seseorang adalah suka mengumpat atau mencaci maki. Jika dia suka mengumpat, maka itu akan membuat ia kehilangan amal salehnya. Jika demikian, maka ia akan termasuk orang yang muflis, yakni orang yang bangkrut. Sebab, amalnya perlahan-lahan akan habis akibat dia suka bergosip, mencaci maki, bahkan mengumpat sesuatu, terlebih kepada orang lain bahkan terhadap binatang.

Image
sajada.id

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: infosajada.id, Silakan kirimkan info

× Image