Home > Hadits

Lima Amalan yang Pahalanya Setara dengan Haji dan Umrah

Banyak amalan yang bila dikerjakan pahalanya berlipat ganda.

3. Salat Lima Waktu Berjamaah

Salat berjamaah memang merupakan salah satu ibadah yang memiliki begitu banyak keutamaan bagi mereka yang melaksanakannya.

Salat berjamaah dilaksanakan secara bersama-sama, baik oleh dua orang atau lebih. Ada begitu banyak keutamaan dari mereka yang rutin mengamalkan salat berjamaah, termasuk mendapatkan pahala yang setara dengan mereka yang menunaikan ibadah haji maupun umrah.

Keutamaan ini juga telah dijelaskan dalam hadis berikut:

مَنْ مَشَى إِلَى صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ فِي الْجَمَاعَةِ فَهِيَ كَحَجَّةٍ وَ مَنْ مَشَى إِلَى صَلَاةٍ تَطَوُّعِ فَهِيَ كَعُمْرَةٍ نَافِلَةٍ

Artinya: “Siapa yang berjalan menuju salat wajib berjamaah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju salat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah.” (HR Thabrani)

4. Berzikir setelah Subuh

Amalan selanjutnya yang juga memberikan keutamaan pahala setara dengan ibadah haji dan umrah adalah berzikir setelah subuh.

Zikir merupakan bentuk komunikasi antara hamba dengan Allah SWT. Amalan ini dilakukan dengan cara melafalkan takbir, tahmid, tasbih, dan lainnya sesuai ajaran Islam.

Dalam ajaran Islam, berzikir merupakan sebuah perintah agar selalu mengingat Allah SWT dalam setiap keadaan. Keutamaan berzikir juga telah disebutkan dalam sebuah hadis, dimana Rasulullah SAW telah bersabda bahwa terdapat keutamaan dan pahala bagi mereka yang menunaikan salat berjamaah dan berzikir setelah subuh, dimana amalan tersebut setara dengan mereka yang menunaikan ibadah haji.

5. Mencari Ilmu Islam di Masjid atau Majelis Ilmu

Salah satu amalan istimewa yang juga memiliki keutamaan yang amat besar adalah menuntut ilmu Islam di masjid.

Amalan ini bisa dilakukan dengan menghadiri majelis ilmu, baik di masjid atau di majelis taklim untuk mengikuti kajian islami, sekaligus mempererat silaturahmi antara sesama umat Islam, dimana berbagai kegiatan tersebut dilakukan untuk memperdalam pemahaman terkait agama Islam.

Mereka yang rutin melaksanakan amalan ini, akan mendapatkan berbagai keutamaan termasuk pahala yang setara dengan ibadah haji.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang berangkat ke masjid hanya untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, diberikan pahala seperti pahala ibadah haji yang sempurna.” (HR At Thabrani).

Dalam riwayat lain disebutkan; "Siapa yang mencari jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkannya menuju jalan ke surga."

× Image