Home > Hadits

Lima Amalan yang Pahalanya Setara dengan Haji dan Umrah

Banyak amalan yang bila dikerjakan pahalanya berlipat ganda.
Ka'bah adalah kiblat umat Islam se-dunia. Setiap tahun jutaan umat Islam menunaikan ibadah haji dan juga ibadah umrah. (dok. sajada.id)
Ka'bah adalah kiblat umat Islam se-dunia. Setiap tahun jutaan umat Islam menunaikan ibadah haji dan juga ibadah umrah. (dok. sajada.id)

Lima Amalan yang Pahalanya Setara dengan Haji dan Umrah

SAJADA.ID--Ibadah haji dan umrah merupakan sebuah amalan yang memberikan pahala begitu besar bagi mereka yang melaksanakannya.

Ada sangat banyak keutamaan bagi mereka yang dapat menunaikan ibadah suci ini. Oleh karena itu, haji maupun umrah menjadi sebuah bentuk ibadah yang selalu dinantikan dan dicita-citakan oleh para umat Islam di seluruh dunia.

Namun, tidak semua umat Islam mampu melaksanakan ibadah haji dan umrah karena beberapa alasan, baik karena kendala fisik, maupun ekonomi. Meski begitu, terdapat beberapa amalan yang memberikan pahala yang setara dengan pahala ibadah haji maupun umrah.

Artikel ini membahas beberapa amalan istimewa yang pahalanya setara dengan ibadah haji dan umrah.

1. Berbakti kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua merupakan sebuah kewajiban yang memiliki banyak keutamaan, karena Allah SWT meridhai orang yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

Tidak hanya mendapatkan banyak kebaikan, berbakti kepada orang tua juga menjadi sebuah amalan yang pahalanya setara dengan orang yang melaksanakan ibadah haji, bahkan setara dengan orang yang berjihad.

Hal ini juga telah dijelaskan dalam sebuah hadis, dimana Rasulullah SAW menyampaikan sebuah pesan kepada seseorang untuk berbakti kepada orang tuanya yang masih hidup, karena hal tersebut statusnya seperti mereka yang berhaji, berumrah, dan berjihad.

2. Menunaikan Salat Isyraq

Amalan berikutnya yang memberikan pahala setara dengan mereka yang menunaikan ibadah haji dan umrah adalah salat Isyraq.

Salat sunnah ini dilaksanakan setelah matahari terbit. Sesuai dengan namanya, yang dalam bahasa Arab berarti terbit atau bersinar, merujuk pada terbitnya matahari.

Selain mendapatkan pahala setara melaksanakan ibadah haji dan umrah, shalat Isyraq juga memiliki banyak keutamaan lainnya termasuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, hingga meraih keberkahan di waktu pagi.

× Image