Home > News

Inilah Profil Singkat Empat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat

Dari artis, politisi, hingga komedian ikut Pilkada Jawa Barat.
Empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat. (Dok KPU Provinsi Jabar)

Inilah Profil Singkat Empat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat

Dari artis, politisi, hingga komedian ikut Pilkada Jawa Barat.

DEPOK--Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Barat untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan diikuti sebanyak empat kandidat. Dari empat kandidat, berasal dari kalangan politisi, akademisi, artis hingga komedian.

Keempat pasangan tersebut yakni, Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang didukung 14 parpol. Antara lain Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, dan PSI, serta sembilan partai nonparlemen yaitu Hanura, Gelora, Garuda, PKN, Buruh, Prima, Perindo, PBB, dan Partai Ummat.

Pasangan Acep Adang Ruhiyat-Gita KDI yang diusung PKB. Lalu pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie diusung oleh PKS, Nasdem dan PPP. Terakhir Jeje Wiradanita-Ronal Surapraja diusung oleh PDIP.

Empat pasangan Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024 menjalani serangkaian proses pendaftaran.

Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan, mantan Bupati Purwakarta tersebut didukung oleh total 14 Parpol menjadi Pasangan Cagub-Cawagub yang pertama kali menyelesaikan pendaftaran ke KPU Jawa Barat.

Dedi Mulyadi dikenal sebagai politisi kawakan. Ia tercatat pernah menjadi wakil bupati Purwakarta, dan kemudian berhasil menjadi Bupati Purwakarta selama dua periode. Kemudian ia melanjutkan karir politiknya dengan menjadi anggota DPR RI dari Partai Golkar.

Pada pileg 2024 lalu, ia maju menjadi anggota DPR RI dari Partai Gerindra. Kini ia maju menjadi calon gubernur Provinsi Jawa Barat berpasangan dengan Erwan Setiawan, mantan Wakil Bupati Sumedang. Ia juga tercatat sebagai politisi dari Partai Golkar.

Adapun Akhmad Syaikhu dan Ilham Habibie didukung oleh PKS, Nasdem, dan PPP. Akhmad Syaikhu adalah Presiden PKS yang dikenal sebagai politisi dan anggota DPR RI. Sedangkan Ilham Habibie yang menjadi pasangan Syaikhu adalah seorang insinyur dan tehnokrat, putra dari Presiden ke-RI, BJ Habibie.

Sementara itu, pasangan Acep Adang Ruhiyat dan Gita KDI diusung PKB. Acep adalah politisi PKB. Pria kelahiran Tasikmalaya ini tercatat pernah mencicipi jabatan anggota DPR RI selama dua periode yaitu 2014-2019 dan 2019-2024.

Sementara Gita dikenal sebagai pedangdut mencoba peruntungan di dunia politik. Gita yang bernama asli Gitalis Dwi Natarina merupakan kader PKB sejak 2011. Gita pernah mencicipi posisi anggota DPR RI pada 2011.

Sementara itu, pasangan yang diusung PDIP adalah Jeje Wiradinata dan Ronal Supradja. Jeje merupakan politikus PDI Perjuangan yang menjabat Bupati Pangandara dua periode. Sebelum di Pangandaran, Jeje memulai karir politiknya dengan menjadi anggota DPRD Ciamis periode 1999-2009, hingga Wakil Bupati Ciamis 2014-2015.

Sementara Ronal, adalah seorang komedian berdarah Sunda. Ia sudah sejak lama mondar-mandir di layar kaca, memulai karir politiknya dengan maju pada Pileg 2024 dari PDI Perjuangan. Sebelumnya, namanya santer akan maju di Pilwakot Bandung, namun menjelang detik-detik akhir, ia diusung PDIP untuk maju sebagai calon wakil gubernur mendampingi Jeje.

Keempat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat ini akan memperebutkan sekitar 35,7 juta jiwa. Siapakah yang akan memimpin Jawa Barat lima tahun ke depan? Tentukan pilihanmu pada 27 November 2024. Datang ke TPS dan pilih calon gubernur favorit kalian.

(Syahruddin/sajada.id/rumahberkah)

× Image