Home > Hikmah

Lima Kegelapan Versus Lima Pelita, Nasihat Abu Bakar

Inilah lima nasihat Abu Bakar Ash-Shiddiq

Ketiga, kegelapan kubur akan benderang dengan adanya siraj (lampu penerang) berupa bacaan laa ilaaha illallah, Muhammad Rasulullah.

Sabda Nabi SAW, "Siapa membaca dengan ikhlas kalimat laa ilaaha illallah, ia akan masuk surga." Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, apa wujud keikhlasannya?" Beliau menjawab, "Kalimat tersebut dapat mencegah dari segala sesuatu yang diharamkan Allah kepada kalian."

Keempat, alam akhirat sangatlah gelap. Untuk meneranginya, manusia harus memperbanyak amal shaleh. QS Al-Bayyinah (98) ayat 7-8 menyebutkan, orang yang beramal shaleh adalah sebaik-baik makhluk, dan balasan bagi mereka adalah surga ‘Adn. Mereka kekal di dalamnya.

Kegelapan kelima adalah shirath (jembatan penyeberangan di atas neraka) dan yaqin adalah penerangnya. Yaitu, meyakini dan membenarkan dengan sepenuh hati segala hal yang gaib, termasuk kehidupan setelah mati (eskatologis). Dengan keyakinan itu, kita akan lebih aktif mempersiapkan bekal sebanyak mungkin menuju alam abadi (akhirat).

Baca juga:

Cara Membuat Tempat Wudhu yang Baik

10 Keutamaan Wudhu

Bukan Berdiri atau Jongkok, Begini Posisi Wudhu yang Baik

A to Z Masalah Wudhu

Demikian lima wasiat Abu Bakar. Semoga kita termasuk pemegang kuat lima pelita itu, sehingga menyibak kegelapan dan mengantarkan kita pada kebahagiaan abadi di surga. Aamiin. (Syahruddin El-Fikri/sajada.id).

Baca Juga:

Mukjizat Rasulullah; Pohon Bisa Berjalan

Rasulullah Membelah Bulan

Satu Gelas Susu untuk Satu Rombongan

Gunung dan Unta Bisa Bicara

Air Mani, Madzi, Wadi. Apa Bedanya?

Keutamaan Bulan Sya'ban

Perbanyak Sholawat

Baca Sholawat JIbril Membawa Berkah

Nisfu Sya'ban Hari Raya Malaikat

Amalan di Bulan Sya'ban

Doa Mustajab di Akhir Bulan Rajab

Kisah Orang Alim dan Orang Awam

Perbanyak Sholawat

Baca Sholawat JIbril Membawa Berkah

× Image