Home > Al Quran

Pengen Utang Dilunasi Allah? Ini Salah Satu Amalannya

Setiap hari dia mengamalkan membaca Surah Al Ikhlas sebanyak 100 kali.

Dari kisah ini dapat diambil sejumlah pelajaran berharga, di antaranya yakni betapa mulia dan istimewanya Surah al-Ikhlas, sehingga orang yang rutin membacanya 100 kali setiap hari, diampuni dosanya; siapa saja yang membacanya walau satu kali dalam hidupnya, maka dia tidak meninggal sampai diperlihatkan kepada tempatnya di surga kelak dan siapa saja yang membacanya dalam shalat lima waktu, maka dia akan diberikan syafaat dan juga diberi kesempatan untuk mensyafaati kerabatnya yang telah ditetapkan masuk neraka.

Baca Juga: Doa Agar tidak Dizalimi

Kisah di atas menunjukkan bahwa begitu agung dan istimewanya surah Al Ikhlas ini, orang berutang yang rutin membacanya mendapat pertolongan dari Allah. Di antara faktor keagungannya adalah karena di dalamnya terdapat penjelasan tentang sifat-sifat Allah dan pujian kepada-Nya. Pada saat yang sama, tentu Allah juga ridha kepada orang yang membaca surah tersebut.

Akan tetapi, dalam kaitan ini, perlu diluruskan bahwa Surah al-Ikhlas bukanlah “pelunas utang”. Utang harta tetaplah wajib dibayar karena itu merupakan hak adami yang semestinya beres di dunia. Gambaran tentang betapa beratnya orang meninggal dunia dalam keadaan meninggalkan utang tampak dari sikap Nabi Muhammad SAW yang tidak berkenan menyalatkannya.

Baca Juga: Susunan Wirid dan Zikir Istighotsah

Oleh karena itu, siapa saja yang tengah dililit utang, tetaplah berusaha untuk bisa membayarnya atau melunasinya. Di samping itu, hendaknya ia terus berikhtiar dengan membaca surah Al-Ikhlas tersebut dengan harapan Allah membuka jalan kemudahan untuk melunasinya atau membebaskannya di akhirat.

Demikianlah sahabat sajada.id, semoga Allah SWT memudahkan kita menjalani kehidupan ini dan jika memiliki utang dimudahkan untuk melunasinya. Semoga bermanfaat. Aamin. Wallahu a’lam. (sajada.id)

.

Baca Juga:

Keutamaan Bulan Sya'ban

Perbanyak Sholawat

Baca Sholawat JIbril Membawa Berkah

Nisfu Sya'ban Hari Raya Malaikat

Amalan di Bulan Sya'ban

Doa Mustajab di Akhir Bulan Rajab

Kisah Orang Alim dan Orang Awam

Baca Sholawat JIbril Membawa Berkah

.

Silakan beri komentar atas berita ini, dan monggo dibagikan bila bermanfaat. Kirimkan artikel keislaman Anda melalui email: infosajada.id@gmail.com

Terima kasih.

× Image