Home > Hadits

Tujuh Golongan yang akan Mendapat Naungan dari Allah di Hari Kiamat

Ada Tujuh Golongan yang akan Mendapat Naungan dari Allah di Hari Kiamat

Ketiga, Hati yang Terikat dengan Masjid

Setiap muslim dianjurkan untuk shalat berjamaah di masjid. Sebab, masjid adalah rumah Allah (baitullah) di bumi. Seseorang yang senantiasa rajin beribadah di masjid, mengurusi masjid, dan senantiasa aktif dalam kegiatan masjid, akan memiliki kesempatan menjadi orang-orang yag mendapat perlindungan Allah di Hari Kiamat nanti.

Ketika jauh dari masjid, hatinya gersang. Karenanya ia selalu berusaha dekat dengan masjid, bahkan selalu ingin memiliki rumah atau tempat tinggal di dekat masjid agar mudah beribadah kepada Allah. Beruntunglah mereka yang memiliki rumah dekat masjid sehingga sellau banyak kesempatan untuk berjamaah di masjid.

Saat di masjid, dirinya senantiasa memperbanyak zikir, membaca Al-Quran, memperbanyak shalawat atas Nabi Muhammad SAW, dan selalu berusaha mengabdikan dirinya untuk masjid. Dia tidak betah bila jauh dari masjid.

Baca Juga: Pahala Berlipat Ganda untuk Orang yang Membersihkan Kotoran di Masjid

Dalam sebuah hadits dikatakan: “Seorang mukmin di masjid, laksana ikan di dalam air. Sementara bagi orang munafik saat berada di masjid, ia bagaikan burung dalam sangkar.”

Pernyataan di atas menggambarkan bahwa orang beriman itu senang dengan masjid. Dan betah berlama-lama di masjid. Seperti ikan di dalam air, ia nyaman dan tenang. Tetapi ikan tidak berada di air, maka ia akan mudah mati. Begitu juga dengan orang munafik, mereka tidak akan betah di masjid. Ia merasa jenuh dan pengen segera meninggalkan masjid. Baginya, masjid seperti tempat pengekangan. Karena itulah, kelompok orang munafik bila berada di masjid, mereka seperti burung dalam sangkar. Tidak bisa ke mana-mana, tidak betah dibandingkan ketika burung berada di alam liar.

× Image