Home > Hadits

Tujuh Golongan yang akan Mendapat Naungan dari Allah di Hari Kiamat

Ada Tujuh Golongan yang akan Mendapat Naungan dari Allah di Hari Kiamat
Masjid At-Thohir, Depok. Seseorang yang hatinya terikat dengan masjid akan mendapatkan naungan di Hari Kiamat nanti. Sumber: (Republika)
Masjid At-Thohir, Depok. Seseorang yang hatinya terikat dengan masjid akan mendapatkan naungan di Hari Kiamat nanti. Sumber: (Republika)

Tujuh Golongan yang akan Mendapat Naungan dari Allah di Hari Kiamat

.

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Kita semua tentu berharap Allah SWT menyelamatkan diri kita ketika Hari Kiamat nanti terjadi. Sebab, pada hari itu, sebagaimana digambarkan dalam banyak hadits disebutkan bahwa panas matahari begitu terik dan menyengat. Bahkan, ada manusia yang merasakan matahari berada tepat di atas kepalanya, sehingga membuat keringatnya bercucuran begitu derasnya. Ada pula yang merasakan panas matahari menyinari tubuhnya hingga keringatnya sampai sebahu, seperut, sepaha, selutut, dan lainnya.

Hal itu semua menggambarkan betapa hanya perlindungan Allah SWT yang diharapkan. Berkenaan dengan ini, ada tujuh kelompok manusia yang akan diberikan perlindungan oleh Allah.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda;

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِيْ ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: اَلْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ، فَقَالَ : إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Imam yang adil, (2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh, (3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid, (4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, (5) seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allâh.’ Dan (6) seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta (7) seseorang yang berdzikir kepada Allâh dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.” (HR. Bukhari).

Baca Juga: Lurusnya Iman Bergantung pada Lurusnya Hati

Pertama, Pemimpin yang adil.

Dalam hadits di atas disebutkan, golongan pertama yang akan mendapatkan perlindungan atau naungan dari Allah SWT di hari kiamat nanti adalah imam yang adil. Imam adalah pemimpin. Dan imam yang dimaksud dalam hadits di atas adalah pemimpin yang adil. Pemimpin yang melaksanakan amanah dengan baik, tidak mendahulukan kepentingan pribadi, kelompok atau golongannya. Ia akan mengutamakan kepentingan rakyatnya.

Baca Juga: Malaikat Berebut Mencatat Amal Orang Ini

× Image