Home > Agama

Nisfu Sya'ban Adalah Hari Raya Malaikat

Ada dua hari raya malaikat, yakni nisfu sya#039ban dan lailatul qadar.

Lebih lanjut beliau menerangkan; “Sesungguhnya malaikat di langit itu memiliki dua malam hari raya sebagaimana yang dimiliki oleh orang Islam.”

“Adapun dua hari rayanya malaikat itu adalah Lailatut Baro’ah (malam pembebasan) yaitu malam Nisfu Sya’ban dan malam Lailatul Qodar (malam kemuliaan karena diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan).”

Sedangkan hari raya manusia, kata Sayyid Alawi, adalah hari Idul Fitri dan Adha. Hari rayanya malaikat itu pada malam hari, karena mereka tidak pernah tidur, jadi bagi mereka antara siang dan malam tidak ada perbedaan. Dan para manusia berhari raya pada siang hari karena waktu malam bagi mereka adalah waktu tidur agar pada malam harinya mereka bisa tidur nyenyak dan beristirahat.”

Baca Juga: Doa Nisfu Sya'ban

Para Malaikat adalah makhluk Allah yang sangat taat beribadah dan tak pernah menyelisihi atau mengingkarinya. Mereka senantiasa patuh dan tak pernah ingkar. Firman Allah SWT yang menjelaskan bahwa malaikat selalu patuh pada perintah-Nya terdapat dalam surah At-Tahrim ayat 6.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At-Tahrim [66]: 6).

Kepatuhan malaikat ini juga ditegaskan dalam surat Al-Anbiya ayat 19; Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih." (QS. Al-Anbiya ayat 19).

Demikianlah keterangan mengenai nisfu Sya’ban mengenai hari raya malaikat. Wallahu A’lam. (sajada.id)

.

Artikel Terkait:

Manjurnya Doa Seorang Pemburu

Beragam Mukjizat Rasulullah

Keutamaan Wudhu

Siapa Bilang Puasa Nisfu Sya'ban itu Bidah?

× Image