Home > Al Quran

Surat Yasin, Arab, Latin, dan Terjemahnya

Banyak keistimewaan dan keutamaan Surat Yasin

Surat Yasin, Arab, Latin, dan Terjemahnya

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Surat Yasin adalah salah satu surat yang istimewa. Sejumlah ulama menyebutkan, bahwa Surat Yasin merupakan jantungnya (hatinya) Al-Quran. Surat yang diturunkan di Makkah dan termasuk dalam kategori ayat-ayat Makkiyah ini terdiri atas 83 ayat.

Dalam surah Yaasiin terkandung beberapa hal penting untuk diketahui dan dihayati, yaitu: surah ini menerangkan masalah keimanan, gambaran tentang penghuni surga dan neraka, kisah-kisah umat pada masa Nabi Isa AS, hari kebangkitan, tanda-tanda kekuasaan Allah terhadap kejadian alam, dan penciptaan alam semesta.

Banyak keistimewaan dan keutamaan Surat Yasin. Berikut ini adalah beberapa keutamaan dan fadhilah surah Yaasiin yang dijelaskan dalam sejumlah hadits atau riwayat sahabat.

Baca Juga: Keutamaan dan Keistimewaan Surat Yasin

Pertama, Rasulullah SAW. bersabda: "Barangsiapa yang membaca Surah Yaasiin pada malam Jum'at, maka pada esok harinya dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT.".

Dalam riwayat yang lain, beliau juga bersabda: "bahwa barangsiapa yang berziarah kubur kemudian membaca Surah Yaasiin, maka Allah akan meringankan siksaan-Nya terhadap ahli kubur yang diziarahinya, dan pembacanya mendapat pahala yang sama dengan keba- jikan yang diberikan kepada ahli kubur itu."

Kedua, Rasulullah SAW bersabda: "Bacakanlah untuk orang (yang akan) mati surah Yaasiin". (HR. Imam Abu Dawud).

Ketiga, dari Anas RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada jantung nya, dan jantung Al-Qur'an adalah surah Yaasiin. Bagi siapa yang membaca surah Yaasiin, maka Allah akan me netapkan baginya seperti membaca Al-Qur'an 10 kali."

Keempat, dari Aisyah RA bahwasanya Rasulullah SAW.bersabda: "Sesungguhnya di dalam Al-Qur'an itu ada satu surah yang dapat memberi syafa'at kepada pembacanya dan memohonkan ampunan bagi pendengarnya, ketahuilah yaitu surah Yaasiin, yang di dalam Taurat dinamakan "Al-Mu'ammah".

Ditanyakan: "Ya Rasulullah apakah Al-Mu'ammah itu?" Beliau bersabda: "Yang menjadi penyebab bagi orang yang membaca dan mendengar mendapatkan kebaikan di dunia dan menghilangkan ketakutan di akhirat". Dan surah Yaasiin itu juga disebut "Ad-Dafi'ah" dan "Al-Qadiyah".

Ditanyakan: "Ya Rasulullah bagaimana dengan itu?". Beliau bersabda: "karena dapat menolak kejahatan dan dikabulkan segala hajatnya bagi orang-orang yang membacanya."

Kelima, dari Anas RA bahwasanya Rasulullah SAW. bersabda: "Barangsiapa masuk ke tempat pemakaman (kuburan) lalu membaca surah Yaasiin, maka Allah meringankan siksa ahli kubur pada hari itu, dan pembacanya memperoleh kebaikan sebanyak orang yang ada di dalamnya."

Sesudah membaca Yasin, jangan lupa membaca doa yang dianjurkan para ulama.

Baca Juga: Doa Setelah Membaca Surat Yasin

Berikut ini surat Yasin lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahnya.

× Image