Home > Hikmah

Buah Apel dan Istri Disabilitas

Kisah ayah dari Imam Hanafi, seorang pemuda yang saleh dan istri yang tuli, bisu, buta, dan lumpuh.

Ada beberapa hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik dari kisah dan sosok Tsabit, pemuda yang alim dan tawadhu, serta sang pemilik kebun.

1. Tuntutlah ilmu dari manapun asalnya, dan ambillah pelajaran dari segala sesuatu.

2. Makanlah makanan yang baik dan halal. Sebab, makanan yang haram dapat membuat hati menjadi keras dan mati bahkan membuat doa tertolak.

3. Terus berusaha dan berikhtiar demi meraih hasil yang baik. Setiap usaha yang dilakukan, pasti akan menuai hasil.

4. Disabilitas bukan sebuah halangan untuk meraih keberhasilan. Banyak orang yang berhasil dan sukses berkat kegigihan, bahkan penyandang disabilitas pun mampu mewujudkannya.

5. Jangan memandang rendah orang yang kekurangan, sebab seringkali di balik kekurangan terdapat banyak kelebihan bahkan mampu melampaui orang yang normal.

6. Pentingnya mendidik anak sejak dini pada hal-hal keagamaan agar selalu menjadi anak yang saleh. Orang tua berperan penting dalam kesuksesan Pendidikan anak-anaknya.

7. Seorang anak perempuan akan menjadi tanggung jawab seorang suami sepenuhnya setelah akad nikah.

Demikian sahabat Rumah Berkah, kisah tentang lahirnya Imam Hanafi, senior dari para imam lainnya seperti Imam Maliki, Imam Syafii, dan Imam Hanbali.

Semoga kisah ini bermanfaat dan dapat menjadi renungan bagi kita untuk selalu berbuat baik dan menjaga diri dari sesuatu yang diharamkan Allah SWT. Wallahu A’lam. (sya/RB).

× Image