Home > Fiqih

Saat Dosa Keluar dari Tetesan Air Wudhu

Banyak sekali keutamaan dan keistimewaan wudhu.
Sejumlah anak sedang berwudhu. (Republika)
Sejumlah anak sedang berwudhu. (Republika)

Saat Dosa Keluar dari Tetesan Air Wudhu

Banyak sekali keutamaan dan keistimewaan wudhu.


.

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Setiap manusia memiliki dosa. Tak ada manusia yang tak memiliki dosa. Dan sebaik-baik orang berdosa adalah bertaubat kepada Allah SWT. Demikianlah hadits Nabi Muhammad SAW menjelaskan tentang kondisi setiap manusia.

Baca Juga: Pengen Sehat? Amalkan Ajaran Islam Berikut Ini

Berkenaan dengan hal itu, banyak pula cara yang diperintahkan oleh Allah agar manusia terlepas dari dosa-dosa yang diperbuatnya. Pun demikian halnya dengan Rasulullah SAW menjelaskan sejumlah cara agar dosa-dosa yang dimiliki terhapus dan keluar dari tubuh manusia.

Artikel Terkait: Lima Hal yang Membatalkan Wudhu

Salah satu yang dapat diamalkan agar dosa terhapus adalah melalui wudhu dengan cara terbaik, yakni meratakan air ke seluruh anggota wudhu dan berupaya menjaganya agar tidak mudah batal.

Dalam beberapa hadits, Rasulullah SAW menjelaskan tentang keutamaan wudhu.

Pertama, dosa-dosanya keluar dari jasadnya.

"Siapa berwudhu dan membaguskan wudhunya, maka keluarlah dosa-dosa dari jasadnya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya." (HR. Muslim).

Baca Juga: Cara Membuat Tempat Wudhu yang Baik

Kedua, dosa-dosanya keluar dari jari-jarinya.

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Nabi SAW bersabda: "Bila seorang hamba yang muslim atau mukmin berwudhu, lantas membasuh mukanya, maka keluarlah dosa kesalahan yang pernah dilihat matanya bersama dengan air (yang jatuh dari wajahnya) atau bersamaan dengan air yang terakhir. Bila dia membasuh kedua tangannya maka akan keluar dari kedua tangannya setiap dosa bersama air, di mana kedua tangannya pernah dibuat menampar (orang yang tidak bersalah), atau bersamaan dengan akhir air yang terakhir. Bila dia membasuh kedua kakinya maka keluarlah dari keduanya segala dosa kesalahannya bersama dengan air, di mana keduanya pernah berjalan untuk melakukan kesalahan tersebut, atau bersamaan dengan akhir tetesan yang jatuh dari keduanya. Sehingga orang yang berwudhu akan keluar dalam keadaan bersih dari dosa." (HR. Muslim).

Baca Juga: Jaga Empat Hal Ini dalam Berwudhu

× Image