Home > Hadits

Hadits ke-15 Arbain Nawawi: Hormati Tamu, Hormati Tetangga, dan Berkata yang Baik

Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk senantiasa menjaga lisannya.

Hadits ke-15 Arbain Nawawi: Hormati Tamu, Hormati Tetangga, dan Berkata yang Baik

.

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam (SAW) menyukai umatnya yang mau membantu dan menolong orang lain. Selain itu, Rasulullah SAW juga sangat senang bila umatnya suka menghormati dan memuliakan tamu, memuliakan tetangganya.

Hal ini dibuktikan dengan hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أَوْ لِيَصْمُتْ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ.

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia mengucapkan perkataan yang baik atau diam. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia menghormati tetangganya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia menghormati tamunya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Kumpulan Terjemah Hadits Arbain Nawawi

Dalam hadits ini, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam meyampaikan akan pentingnya menjaga lisan untuk selalu berkata yang baik. Jika tidak mampu berkata baik, maka lebih baik diam, daripada berbicara tetapi buruk.

Selain itu, beliau juga menyampaikan pentingnya seorang umat menghormati tetangganya. Sebab, tetangga adalah ‘saudara terdekat’ saat kita memerlukan pertolongan dan bantuannya. Bahkan ketika ada musibah, tetangga punya andil besar membantu dan meringankan beban kita.

Baca Juga: Hadits ke-8 Arbain Nawawi

Dan dari hadits di atas pula, Rasulullah SAW mengingatkan agar umat Islam dapat memuliakan dan menghormati tamu. Karena tamu itu membawa berkah bagi tuan rumah. Nah, menjaga adab bicara, menghormati tetangga, memuliakan tamu, adalah bagian dari iman.

× Image