Home > Agama

Kapan Nisfu Sya'ban? Ini Menurut NU dan Muhammadiyah

NU menetapkan malam nisfu sya#039ban jatuh pada Sabtu malam Ahad, 24 Februari 2024.
Ilustrasi Nisfu Sya'ban
Ilustrasi Nisfu Sya'ban

Kapan Nisfu Sya’ban? Ini Menurut NU dan Muhammadiyah

.

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Bulan Sya’ban adalah salah satu bulan istimewa bagi umat Islam. Sebab, bulan Sya’ban dipercaya sebagai bulannya Rasulullah yang banyak mengamalkan puasa Sunnah dibandingkan bulan lainnya. Karena itu, umat Islam mencoba mengikuti apa yang diamalkan oleh Rasulullah pada bulan Sya’ban, yakni dengan berpuasa (minimal) pada pertengahan bulan Sya’ban (nisfu Sya’ban).

Baca Juga: Doa Nisfu Sya'ban

Nah, kapankah nisfu Sya’ban pada tahun 2024 ini? Dua organisas Islam terkemuka di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, ternyata berbeda menetapkan nisfu Sya’ban, yakni hari ke-15.

Baca Juga: Ada Apa Saja Persitiwa di Bulan Sya'ban

Nahdlatul Ulama (NU) melalui edaran yang disampaikan PWNU DKI Jakarta dan ditandatangani oleh Pimpinan Lembaga Falakiyah PWNU DKI, yakni H. Abdul Holik (ketua) dan Ikhwanudin (sekretaris) menyebutkan, nisfu Sya’ban jatuh pada hari Ahad, 25 Februari 2024. Karena itu, malam nisfu Sya’ban akan dilakukan pada Sabtu malam Ahad, tanggal 24 Februari 2024.

Edaran PWNU DKI Jakarta ini dikeluarkan pada tanggal 2 Sya’ban 1445 H, atau bertepatan dengan 12 Februari 2024 di Jakarta dengan nomor surat 161/LF-DKI/II/2024. Isinya sebagai berikut; “Berdasarkan surat pengumuman Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan nomor; 15/LF-{BNU/II/2024 tentang awal Sya’ban 1445 H yang berteatan dengan Ahad, 11 Februari 2024 M. Maka dengan itu, tanggal 15 Sya’ban 1445 H bertepatan pada Ahad, 25 Februari 2024 M (mulai malam Ahad).

Baca Juga: Sya'ban adalah Bulan Diangkatnya Amal Perbuatan

Dalam surat edaran tersebut pula, Lembaga Falakiyah PWNU DKI Jakarta mengimbau kepada warga Nahdlatul Ulama di Jakarta (khususnya) dan umat Islam pada umumnya, dapat mengisi malam tersebut dengan amaliyah nahdliyyah. Amaliyah Nahdliyyah yang dimaksud adalah pembacaan surat Yasin sebanyak tiga kali dengan niat karena Allah agar dimudahkan segala urusan, dipanjang umur, dan dilancarkan rezekinya.

Artikel Terkait:

Manjurnya Doa Seorang Pemburu

Beragam Mukjizat Rasulullah

Keutamaan Wudhu

Siapa Bilang Puasa Nisfu Sya'ban itu Bidah?

Tujuh Amalam Istimewa di Bulan Sya'ban

.

Sementara itu, pimpinan Muhammadiyah.....

× Image