Home > Agama

Tujuh Amalan Istimewa di Bulan Sya'ban yang Banyak Dilalaikan Umat

Mereka melalaikan bulan Sya#039ban karena bersiap melakukan ibadah bulan Ramadhan.
Tujuh Amalan Istimewa di Bulan Sya'ban yang Banyak Dilalaikan Umat
Tujuh Amalan Istimewa di Bulan Sya'ban yang Banyak Dilalaikan Umat

Tujuh Amalan Istimewa di Bulan Sya'ban yang Banyak Dilalaikan Umat

.

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Bulan Sya'ban adalah salah satu bulan yang istimewa. Namun demikian, bulan Sya'ban dianggap sebagai bulan yang sering dilalaikan oleh umat Islam. Dilalaikan karena orang bersiap-siap memasuki bulan Ramadhan, dan mereka melupakan berbagai amalan di bulan Sya'ban.

Padahal, sebagaimana diketahui khalayak, banyak amal ibadah yang bisa dikerjakan selama bulan Sya'ban. Sekaligus menumpuk pahala sebagai bekal di akhirat kelak.

Doa yang biasa dipanjatkan sejak bulan Rajab, Sya'ban, dan Ramadhan, senantiasa menggaung di hati umat. "Allahumma bariklana fi rajaba wa Sya'bana wa ballighna Ramadhan." (Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah umur kami hingga bulan Ramadhan).

Baca Juga: Puasa yang Diharamkan Bagi Umat Islam

Bulan Sya’ban adalah salah satu bulan yang istimewa bagi umat Islam. Karena itu, Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk memperbanyak amalan sepanjang bulan Sya’ban.

Ada beberapa ibadah yang sering diamalkan Rasulullah SAW pada bulan Sya’ban. Berikut ini di antaranya:

1. Puasa Sunnah

Puasa sunnah adalah ibadah yang dikerjakan selain puasa wajib, puasa nazar, puasa kafarat. Rasul SAW banyak melakukan puasa sepanjang bulan Sya’ban.

Sebagaimana diriwayatkan dari Ummul Mukminin Aisyah Radhaiyallahu Anha (RA), Rasul SAW bersabda:

"Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW puasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau puasa lebih banyak dalam sebulan dibanding dengan puasanya pada bulan Sya'ban." (Hadis shahih Riwayat Bukhari dan Muslim).

Mengacu pada keterangan ini, maka umat Islam banyak melaksanakan puasa di bulan Sya’ban, termasuk puasa nisfu sya’ban.

Dalam hadis lain, Rasul SAW bersabda: "Aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR Abu Dawud dan Nasa'i).

Baca Juga: Benarkah Puasa di Bulan Rajab dan Sya’ban Bidah?

× Image