Home > Fiqih

Puasa Rajab Haram? Ini Lima Hari yang Diharamkan Berpuasa

Ada lima hari yang diharamkan melaksanakan puasa bagi umat Islam.

Puasa Rajab Haram? Ini Lima Hari yang Diharamkan Berpuasa

Sahabat yang dirahmati Allah SWT

Setiap memasuki bulan Rajab, Sya'ban, kemudian Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram, sering muncul pertanyaan di masyarakat soal hukum puasa pada bulan-bulan tersebut. Banyak hukum bermunculan dari pertanyaan tersebut yang berseliweran, termasuk di dunia Maya atau media sosial.

Bagaimanakah sesungguhnya puasa pada awal, pertengahan, atau bahkan akhir dari bulan Rajab? Bulan Sya'ban (nisfu Sya'ban), atau bulan-bulan haram lainnya?

Hadits berikut ini, merupakan sedikit di antara dalil-dalil tentang keharaman berpuasa bagi umat Islam. Ada lima hari dalam setahun, yang umat Islam tidak boleh berpuasa. Jika berpuasa hukumnya haram. Dan mereka yang mengerjakannya berarti berdosa. Hari-hari apakah itu?

1. Idul Fitri (1 Syawal)

Pada hari raya Idul Fitri atau 1 Syawal, umat Islam diharamkan berpuasa. Dasarnya adalah karena hari itu adalah waktunya berbuka setelah sebulan penuh berpuasa pada bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda:

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَهَذَا حَدِيثُهُ قَالَا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي عُبَيْدٍ قَالَ شَهِدْتُ الْعِيدَ مَعَ عُمَرَ فَبَدَأَ بِالصَّلَاةِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ ثُمَّ قَالَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ صِيَامِ هَذَيْنِ الْيَوْمَيْنِ أَمَّا يَوْمُ الْأَضْحَى فَتَأْكُلُونَ مِنْ لَحْمِ نُسُكِكُمْ وَأَمَّا يَوْمُ الْفِطْرِ فَفِطْرُكُمْ مِنْ صِيَامِكُمْ

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id, serta Zuhair bin Harb, dan ini adalah haditsnya, mereka berdua mengatakan; telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Az Zuhri, dari Abu 'Ubaid, ia berkata, aku menghadiri 'Id bersama Umar, beliau memulai salat sebelum berkhotbah kemudian berkata, sesungguhnya Rasulullah ﷺ melarang dari berpuasa pada dua hari ini, adapun hari Idul Adha, maka kalian makan sebagian dari daging sembelihan kalian, adapun hari Fitri maka merupakan berbuka kalian dari puasa. (HR. Abu Daud No. 2063).

2. Idul Adha (10 Dzulhijjah)

Seperti Idul Fitri, hari raya Idul Adha juga diharamkan berpuasa bagi umat Islam.

حَدَّثَنَا رَوْحٌ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ عَنِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ يَوْمِ الْفِطْرِ وَيَوْمِ النَّحْرِ

Telah menceritakan kepada kami Rauh, dia berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik dari Muhammad bin Yahya bin Habban dari Al A'raj dari Abu Hurairah, dia berkata, "Bahwasanya Rasulullah ﷺ melarang berpuasa pada dua hari; pada hari Idul Fitri dan Idul kurban." (HR. Ahmad No. 10223).

× Image