Home > Agama

Wahai Muslimah, Perhatikan Cara Sujudmu

Ada beberapa perbedaan tata cara ibadah antara Muslim laki-laki dengan perempuan.

Seperti Binatang

Ada beberapa ulama juga yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan dalam gerakan shalat antara laki-laki dan perempuan. Rasulullah SAW tidak membentangkan kedua lengannya. (HR Bukhari dan Abu Daud). Akan tetapi, beliau mengangkat kedua lengannya, menjauhkan dari sisinya sehingga tampak bulu ketiak putihnya dari belakang." (HR Bukhari & Muslim). Demikian disebutkan dalam Irwa'u Al-Ghalil (354).

"Janganlah kamu membentangkan kedua lenganmu (seperti binatang). Tetapi, tegakkanlah lenganmu dan jauhkanlah dari lambungmu. Karena bila engkau melakukan seperti itu maka setiap anggota badan ikut bersujud denganmu." (HR Ibnu Khuzaimah dan Hakim).

Rasulullah SAW melarang umatnya melakukan gerakan shalat yang menyerupai gerakan jenis binatang. Misalnya, beliau melarang untuk mendekam sebagaimana mendekamnya unta, melarang berpindah-pindah sebagaimana berpindahnya serigala, melarang duduk dengan membentangkan kaki sebagaimana yang dilakukan binatang buas, melarang berjongkok sebagaimana berjongkoknya seekor anjing. Wallahu a'lam.

Demikianlah perbedaan cara sujud wanita dengan laki-laki. (sajada.id)

Artikel Terkait:

Keutamaan dari Berwudhu

Dahsyatnya Sedekah di Waktu Mustajab Ini

× Image