Home > Hadits

Inilah Keutamaan Memperbanyak Berzikir

Allah SWT dan Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk memperbanyak zikir.

Dan, agar lebih utama lagi, zikir di atas hendaknya ditambah dengan tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu akbar). Karena sesungguhnya, itulah kalimat yang berat di timbangan (mizan di akhirat). “Dua kalimat yang ringan di lidah, namun berat di timbangan dan disenangi oleh Allah Yang Maha Pengasih adalah subhanallah wa bihamdihi subhanallaahil ‘azhim.” (HR Bukhari).

“Barang siapa yang membaca “subhanallah wa bihamdihi (Mahasuci Allah dan aku memuji-Nya) dalam sehari 100 kali, maka kesalahannya dihapus sekalipun seperti buih air laut.” (HR Bukhari dan Muslim).

Banyak sekali keutamaan yang terdapat dalam berzikir, bertasbih, bertahmid, bertakbir, dan bertahlil, serta bershalawat untuk Rasulullah SAW. Dan celakalah kita, bila tidak berzikir dan mengagungkan asma Allah. Karena sesungguhnya, seluruh makhluk yang ada di alam jagad raya ini, bertasbih, berzikir, dan memuji kebesaran Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Baca Juga: Susunan ZIkir Istighotsah

“Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dialah Tuhan Yang Mahakeras siksa-Nya. (QS Ar-Ra’du [13]: 13).

Demikianlah keutamaan berzikir. Semoga kita dapat mengamalkan berbagai zikir yang didapatkan untuk menambah pahala dan ridha Allah SWT. (sajada.id)

Artikel Terkait:

Berkah Maulid, Keluarga Yahudi Masuk Islam

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Negeri yang Diazab Allah

Kisah Kehancuran Kaum Tsamud

× Image