Home > Al Quran

10 Keutamaan Surat al Kahfi, Salah Satunya Terjaga dari Gangguan Setan

Surat Al Kahfi dianjurkan dibaca pada malam atau Hari Jumat.
Al Kahfi
Al Kahfi

10 Keutamaan Surat al Kahfi

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Surat Al-Kahfi terdiri atas 110 ayat. Surat ini secara umum menceritakan kisah perjuangan para pemuda yang taat dan beriman kepada Allah, namun menghadapi tantangan yang cukup karena selalu diintimidasi dan dikerja-kejar oleh pemimpin yang zalim. Akhirnya para pemuda tersebut pergi dari kampungnya dan bersembunyi di sebuah gua (al kahfi).

Selain kisah pemuda gua (ashabul kahfi), banyak pula kisah lainnya dalam surat tersebut. Surat Al Kahfi ini sangat dianjurkan Rasulullah SAW untuk diamalkan umat Islam, terutama di malam atau hari Jumat.

Baca Juga:

Surat Al Kahfi ayat 1-83, Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahnya

Surat Al Kahfi ayat 83-110, Berisi Kisah Dzulqarnain, Serta Yakjuj dan Makjuj

Amalkan Zikir Hasbunallah Wa Ni'mal Wakil

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” (HR Ad-Darimi).

Adapun secara umum, banyak keutamaan surat Al Kahfi. Berikut ini 10 keutamaan membaca surat Al Kahfi:

1. Bercahaya di Hari Kiamat

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi disebutkan, orang yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat, maka Allah akan memancarkan cahaya baginya kelak di hari kiamat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq,” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi).

2. Senantiasa Mendapat Petunjuk dan Bimbingan Allah

Cahaya yang dijanjikan itu tidak hanya di berikan pada hari kiamat, namun juga akan diturunkan di dunia. Yakni berupa petunjuk dan bimbingan Allah SWT. Salah satunya dengan diberi cahaya hingga Jumat berikutnya.

Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Sesungguhnya barang siapa membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat,” (HR Hakim).

3. Terhindar dari Fitnah Dajal

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat Al Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, dia akan terhindar dari fitnah dajal yang keji.

“Dajal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya di atas mimbar-mimbar,” (HR Ahmad).

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dajal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman dajal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat Al Kahfi.” (HR Muslim)

“Barangsiapa yang membaca 10 ayat dari permulaan surat Al Kahfi, maka ia dilindungi dari dajal.” (HR Muslim)

“Barang siapa di antara kalian yang mendoatinya (dajal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajal tersebut).” (HR. Abu Daud).

Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa pada awal-awal surat Al Kahfi itu terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah SWT, sebagaimana terkandung pada ayat 102.

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? ” (QS. Al-Kahfi: 102)

Baca Juga:

Surat Al Kahfi ayat 1-83, Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahnya

Surat Al Kahfi ayat 83-110, Berisi Kisah Dzulqarnain, Serta Yakjuj dan Makjuj

Amalkan Zikir Hasbunallah Wa Ni'mal Wakil

× Image