Home > Pustaka

Dahsyat, Ada Empat Teori Kesehatan dalam Wudhu

Wudhu adalah salah satu perbuatan mulia yang disyariatkan dalam Islam

Akupunktur

Ribuan tahun lalu, dunia ilmu kedokteran Tiongkok, telah mengenal istilah akupunktur (tusuk jarum). Akupunktur adalah salah satu terapi kesehatan, pengobatan dan pencegahan berbagai macam penyakit.

Seiring dengan perkembangan zaman dan waktu, ilmu akupunktur menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk sejumlah negara Muslim.

Berdasarkan hasil penelitian, teknik-teknik akupunktur yang diterapkan pada manusia, akan mampu mencegah ratusan penyakit yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Keutamaan Wudhu

Tehnik akupunktur adalah suatu cara pengobatan dengan menusukkan jarum pada titik-titik syaraf atau meridian tubuh manusia. Cara ini, —langsung atau tidak langsung— tujuannya adalah untuk menetralisir peredaraan darah agar menjadi lancar dan stabil. Sehingga orang yang menderita suatu penyakit akan bisa disembuhkan (insya Allah dengan pertolongan Allah SWT).

Titik-titik akupunktur yang dikembangkan di Tiongkok, jumlahnya mencapai ribuan titik. Ada yang mengatakan, titik-titik meridian akupunktur itu mencapai 4.000-5.000 titik. Titik-titik itu, terletak mulai dari kepala sampai kaki.

Banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan teknik akupunktur. Misalnya, sakit kepala, kanker, jantung, sakit gigi, sariawan, gangguan pendengaran, telinga, hidung, pilek, flu, asma, sakit pinggang, leher kaku, rematik, asam urat, darah tinggi, susah kencing, kencing manis, dan lambung.

Saking banyaknya titik-titik syaraf yang harus ditusuk itu, maka tidak mudah untuk menguasai teknik-teknik akupunktur tersebut. Bahkan, Dr Magomedov, asisten pada lembaga General Hygiene and Ecology (Kesehatan Umum dan Ekologi) di Daghestan State Medical Academy dan seorang pakar akupunktur menyatakan, untuk menguasai titik-titik refleksi Cina itu dengan tuntas, paling tidak dibutuhkan waktu hingga 1.520 tahun. Bandingkan dengan praktik wudhu yang sangat simple (mudah) dan sederhana.

Refleksiologi

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, selain akupunktur, dunia kesehatan juga mengenal istilah refleksiologi, yaitu suatu cara penyembuhan dengan menekan titik-titik syaraf tertentu di bagian anggota tubuh tertentu (terutama kaki dan tangan).

Menurut Kus D Hadiprayitno, dalam bukunya Refleksiologi, titik refleksi pada bagian tangan dan kaki itu mencapai 67 buah. Dan titik-titik itu memiliki saluran langsung dengan berbagai organ tubuh manusia, seperti hati, jantung, leher, kepala, ginjal, kencing, saluran pernafasan, dan lain sebagainya. Dengan menekan titik-titik syaraf tersebut, maka orang yang menderita jenis penyakit tertentu, hanya ditekan pada titik-titik syaraf yang berhubungan dengan jenis penyakit yang diderita.

Adapun jenis-jenis penyakit yang sangat mungkin disembuhkan dengan teknik refleksi antara lain; ginjal, hati (liver), sakit kepala, kanker, jantung, sakit gigi, sariawan, gangguan pendengaran, telinga, hidung, pilek, flu, asma, sakit pinggang, leher kaku, rematik, asam urat, darah tinggi, susah kencing, kencing manis, dan lambung.

× Image