Home > Hadits

13 Peristiwa Bersejarah di Sepanjang Bulan Rajab

Peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan rajab, bulan mulia.

13 Peristiwa Bersejarah di Sepanjang Bulan Rajab

Oleh Syahruddin El-Fikri

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Bulan Rajab adalah salah satu dari empat bulan yang mulia di sisi Allah SWT. Keempat bulan mulia itu adalah Muharam, Rajab, Dzulqa’dah, dan Dzulhijjah.

Bulan Rajab menjadi bulan yang istimewa dan mulia. Banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan ini. Adapun peristwa-peristiwa bersejarah itu adalah;

Pertama, Allah SWT pertama kali menciptakan Nur Muhammad. Sebagian ulama meyakini bahwa Rajab bulan Allah yang menciptakan Nur Muhammad pada bulan Rajab. Sebagian menyebutkan, penciptaan Nur Muhammad itu pada malam 10 Rajab. Dan berkat dari Nur Muhammad itu pula, maka Allah SWT menciptakan alam semesta. Seandainya bukan karena Nabi Muhammad, maka Allah tidak akan menciptakan alam semesta. Demikianlah disebutkan dalam hadits Qudsi.

Baca Juga: Doa Mustajab Akhir Jumat Bulan Rajab

Kedua, Aminah binti Abdul Wahab, ibunda dari Rasulullah Shallallahu Álaihi Wasallam (SAW), hamil bulan pertama. Setelah mengandung selama sembilan bulan, maka pada bulan Rabiul Awwal, lahirnya Rasulullah SAW.

Ketiga, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam (SAW) memerintahkan hijrah kepada umatnya. Perintah hijrah itu merupakan yang pertama kalinya, yakni ke negeri Habasyah. Peristiwa itu terjadi pada bulan Rajab tahun ke lima kenabian.

Keempat; Sahabat Rasulullah SAW sekaligus menantu beliau, yakni Ali bin Abi Thalib, dilahirkan pada tanggal 13 Rajab. Ali dilahirkan sekitar 23 tahun sebelum hijriah/599 Masehi di Makkah. Sebagaimana diketahui bersama, Ali bin Abi Thalib merupakan salah seorang yang pertama kali mengimani risalah kenabian Beliau Saw, dari kalangan anak-anak.

Baca Juga: Amaliyah Bulan Rajab

Ali adalah menantu Nabi Muhammad SAW setelah menikah dengan Fatimah Az-Zahra. Beliau pernah menjabat sebagai salah seorang khalifah yang keempat pada tahun 656 M. sampai 661 M. Ali bin Abi Thalib wafat pada tanggal 21 Ramadhan 40 H./661 M.

Peristiwa yang kelima adalah, pada tanggal 24/25 Rajab 261 H, wafatnya Imam Muslim. Beliau adalah ulama yang disandingkan dengan nama Imam Al-Bukhari dalam periwayatan hadis yang biasa disebut dengan Muttafaq ‘Alaih (hadis yang disepakati).

Beliau dilahirkan di Naisabur pada tahun 202 H./817 M. Nama lengkapnya adalah imam Abu Al-Husein Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim bin Kausaj Al-Qusyairi Al-Naisaburi. Berkat kesungguhan dan keseriusannya, kitab Shahih Muslim karyanya menjadi urutan kedua kitab hadis paling shahih (otoritatif) setelah kitab shahih Al-Bukhari.

Keenam, 27 Rajab, Rasulullah SAW melaksanakan isra’ mi’raj. Pada peristiwa ini, Rasulullah saw. menerima perintah shalat lima waktu dalam sehari semalam, dan merupakan perintah wajib bagi seluruh umat Islam.

Artikel Terkait: Amaliyah Bulan Rajab

Doa Istimewa di Bulan Rajab

Doa Awal Rajab takkan Tertolak

× Image