Home > Situs

Jangan Kalian Masuk Madain Saleh, Kecuali dalam Keadaan Menangis

Rasulullah mengingatkan umatnya agar #039berhati-hati#039 masuk ke lokasi tempat kaum yang diazab Allah, termasuk Madain Saleh.

Sebagian umat Islam tak mau mengunjungi Madain Saleh karena situs ini diyakini dikutuk akibat kaum yang hidup di Kerajaan Nabatea membangkang untuk menyembah Allah SWT. Sementara, visa untuk wisatawan non-Muslim sulit didapat. Akibatnya, jarang ada wisatawan yang berkunjung ke Madain Saleh, kota di tengah gurun itu.

Penulis saat mengunjungi Jabal Fil di Madain Saleh. (Dokpri)
Penulis saat mengunjungi Jabal Fil di Madain Saleh. (Dokpri)

Karena alasan itu pula, maka kini Pemerintah Saudi melalui Visi 2030, berupaya mengubah itu semua. Mereka membuka kesempatan bagi peziarah untuk mengunjungi Madain Saleh. Berbagai fasilitas ditambahkan demi menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara. Apalagi, Situs Madain Saleh, telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Saat ini, Kota Al Ula di daerah Dedan (Dadan), terdapat pemukiman warga setempat. Bahkan, di sana terdapat perguruan tinggi yang di antaranya terdapat Fakultas Pertambangan.

Demikian sahabat, mengenai sabda Rasulullah SAW tentang larangan bagi umat Islam untuk masuk ke lokasi yang diazab Allah, kecuali dalam keadaan menangis. (sajada.id/rumah berkah).

Berita Terkait:

Sisa Kehancuran Kaum Tsamud

Kota Tsamud yang Menjadi Warisan Dunia

Situs-Situs Bersejarah

× Image