Home > Hikmah

Dagangan Utsman Ditawarkan Keuntungan 50 Persen Malah Ditolak, Karena Ingin Keuntungan 1000 Persen

Dagangan Utsman Ditawarkan Keuntungan 50 Persen Malah Ditolak, Karena Ia Ingin Keuntungan 1000 Persen, Jadinya Begini...


"Tentu saja ada," sambut Utsman, "Dialah Allah, saya akan diberi-Nya keuntungan 1000 Persen."


Para pedagang terdiam. Mereka seolah tidak percaya, bagaimana mungkin ada pembeli yang akan membeku dagangan dengan harga 1000 persen lebih tinggi dari harga pada umumnya.


"Nah, adakah di antara tuan-tuan yang dapat memberikan keuntungan lebih dari itu?" tantang Utsman lagi.


Mendengar jawaban Utsman, para pedagang itu pun malu dan berlalu dengan sangat kecewa. Melihat kepergian para pedagang itu, Utsman berdoa: "Ya Allah, sesungguhnya saya telah memberikan semua dagangan ini kepada warga Madinah secara cuma-cuma tanpa memperhitungkan harganya. Karena itu terimalah ibadahku ini ya Allah...!


Utsman memang seorang sahabat yang sangat lembut hatinya. Paceklik yang menimpa penduduk Madinah telah membuat Usman prihatin. Di samping itu, ia juga mengetahui rencana buruk para pedagang. Semua itu mem- buatnya tergerak. Dia segera mengirim kafilah dagangnya ke Syam untuk membawa barang yang dibutuhkan ke Madinah. Utsman yakin Allah akan memberikan balasan yang jauh lebih besar dari apa yang diberikannya saat itu.


(Syahruddin El Fikri/Rumah Berkah)

× Image