Home > Hikmah

Kabar Gembira, Inilah Pahala Bagi Mereka yang Mencintai Nabi Muhammad SAW

Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda bagi mereka yang mencintai Rasulullah SAW.

KABAR GEMBIRA, PAHALA BAGI ORANG YANG MENCINTAI NABI SAW

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.


Rasulullah shalallahu alaihi wasallam (SAW) adalah suri teladan bagi umatnya. Allah akan memberikan balasan pahala bagi mereka yang senantiasa mencintai Rasulullah SAW.

Anas bin Malik ra telah menceritakan bahwa, ada A seorang lelaki datang kepada Nabi SAW lalu mengatakan:

مَتَّى السَّاعَةُ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ : مَا أَعْدَدْتَ لَهَا؟ قَالَ : مَا أَعْدَدْتُ لَهَا مِنْ كَثِيرِ صَلَاةٍ وَ لا صَوْمِ وَ لَا صَدَقَةٍ، وَ لَكِنِّي أُحِبُّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ . قَالَ : أَنْتَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ .

"Kapankah datangnya hari kiamat, wahai Rasulullah?" Sabda Nabi SAW: "Apakah yang sudah kamu siapkan untuk hari kiamat?" Jawabnya: "Aku tidak menyiapkan apa-apa untuk hari kiamat, tidak banyak shalat, tidak banyak puasa, juga tidak banyak sedekah, akan tetapi aku mencintai Allah dan RasulNya." Sabda Nabi SAW: "Kamu akan bersama orang yang kamu cintai." (HR. Bukhari dan Muslim).

(Lelaki di dalam hadis ini, ada yang mengatakan bahwa dia adalah Umar bin Khattab ra, ada yang mengatakan Abu Musa al Asy'ari ra, ada yang mengatakan Abu Dzar ra, dan ada yang mengatakan lainnya).

Diriwayatkan dari Shafwan bin Qudamah ra berkata: Aku telah berhijrah kepada Nabi SAW, aku datang kepada beliau, lalu kukatakan:

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أُحِبُّكَ . قَالَ : الْمَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ .

"Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku mencintaimu." Sabda Nabi SAW: "Seseorang akan bersama orang yang dia cintai." (HR. Thabrani).

Diriwayatkan, bahwa ada seorang lelaki datang kepada Nabi SAW lalu berkata:

يَا رَسُولَ اللَّهِ لَأَنْتَ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَهْلِي وَ مَالِي وَ إِنِّي لَأَذْكُرُكَ فَمَا أَصْبِرُ حَتَّى أَجِيْءَ فَأَنْظُرُ إِلَيْكَ فَعَرَفْتُ أَنَّكَ إِذَا دَخَلْتَ الجَنَّةَ رُفَعْتَ مَعَ النَّبِيِّينَ وَ إِنْ دَخَلْتُهَا لَا أَرَاكَ. فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى: وَ مَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَ الرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَ الصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَ الصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا . فَقَرَأَهَا عَلَيه.

"Wahai Rasulullah, sungguh engkau adalah orang yang lebih aku cintai daripada keluargaku dan hartaku, dan sesungguhnya aku mengingatmu, maka aku tidak sabar sehingga aku datang untuk melihatmu. Lalu aku tahu bahwa engkau, jika masuk surga kelak akan diangkat (di surga atas) bersama para nabi, dan jika aku masuk surga, aku tidak bisa melihatmu."

× Image